Impor Barang Konsumsi Melonjak, Terbesar Bawang Putih dan AC dari China

Kompas.com - 15/01/2021, 13:11 WIB
Ilustrasi bawang putih. SHUTTERSTOCKIlustrasi bawang putih.

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pada bulan Desember 2020 terjadi peningkatan impor sebesar 14 persen menjadi 14,44 miliar dollar AS.

Kepala Badan Pusat Statisktik Suhariyanto mengatakan, kenaikan impor terlihat dari peningkatan jumlah impor barang berdasarkan penggunaannya.

Terutama untuk barang konsumsi, yang di akhir tahun mengalami kenaikan hingga 31,89 persen ( month to month/mtm). Pada bulan Desember, nilai impor konsumsi mencapai 1,72 miliar dollar AS.

"Beberapa komoditas yang mengalami peningkatan impor cukup besar pertama bawang putih dari China, kemudian mesin AC untuk cooling capacity dari China," ucap Suhariyanto dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (15/1/2021).

Baca juga: Demi Tahu Tempe, Indonesia Bakal Impor 2,6 Juta Ton Kedelai

Selain itu, ada pula impor buah-buahan seperti jeruk mandarin dan apel segar dari China dan daging boneless dalam bentuk frozen dari India.

Suhariyanto pun mengatakan, peningkatan barang konsumsi terjadi lantaran pada bulan Desember ada libur panjang perayaan Natal dan tahun baru.

"Sementara secara year on year, impor konsumsi naik 3,87 persen," ujar Suhariyanto.

Untuk impor bahan baku atau penolong, pada bulan Desember mencapai 10,19 miliar dollar AS.

Nilai tersebut tumbuh 14,15 persen secara bulanan, namun turun 2,02 persen secara bulanan.

Sementara untuk barang modal nilainya mencapai 2,53 miliar dollar AS atau tumbuh 3,89 persen secara bulanan. Adapun secara tahunan, nilai barang modal tersebut tumbuh 3,17 persen.

" Barang modalnya juga month to month naik 3,89 persen, di sana ada berbagai perlengkapan mesin impor dari berbagai negara, dari Italia dan Korea Selatan," jelas Suhariyanto.

Baca juga: Pasokan Listrik Melimpah, Kenapa RI Impor dari Malaysia?



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X