Uji Coba Kilang Cilacap Bisa Produksi Green Diesel dan Avtur

Kompas.com - 15/01/2021, 18:10 WIB
Ilustrasi: Tangki avtur Pertamina mengisi bahan bakar pesawat di Bandara Sentani, Jayapura, beberapa waktu lalu. Kompas.com/ Bambang PJIlustrasi: Tangki avtur Pertamina mengisi bahan bakar pesawat di Bandara Sentani, Jayapura, beberapa waktu lalu.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap mulai melakukan uji coba produksi Green Diesel atau D 100 dan Green Avtur.

Area Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina RU IV Cilacap Hatim Ilwan mengatakan, kedua produk tersebut berbahan dasar minyak kelapa sawit, dan diproduksi untuk memasifkan bahan bakar minyak ramah lingkungan.

Dengan berbagai sarana dan fasilitas yang sudah disiapkan Pertamina RU IV direncanakan bisa memroduksi BBM D-100, sebanyak 3.000 barrel per hari.

Baca juga: Uni Eropa Gugat RI soal Nikel, Terselip Kekecewaan Mendag

"Uji coba ini akan terus berlangsung hingga siap dan aman digunakan sebagai BBM yang bisa digunakan oleh masyarakat,'' ujar Hatim dalam keterangan tertulis, Jumat (15/1/2021).

D 100 sendiri merupakan bahan bakar yang diproduksi dari hasil penyulingan kelapa sawit untuk menghilangkan asam lemak bebas serta penjernihan untuk menghilangkan warna dan bau.

"Sedangkan Avtur menggunakan Refined, Bleached and Deodorized Palm Kernel Oil atau minyak inti kelapa sawit,” kata Hatim.

Selain meningkatkan porsi BBM ramah lingkungan, D-100 diharapkan ampu menekan angka impor minyak yang terus membebani neraca dagang.

Baca juga: Gempa Majene, Pertamina Pastikan Penyaluran BBM Tak Terganggu

"Pengembangan produk BBM D-100 ini, diharapkan bisa memberikan efek positif yang lebih luas. Antara lain, agar bisa menekan impor minyak mentah yang bersumber dari energi fosil,'' ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X