Susi Pusjiastuti: Sekolah Terlalu Mudah...

Kompas.com - 18/01/2021, 20:46 WIB
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti berpose saat ditemui di Pangandaran, Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (9/1/2021). KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOMantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti berpose saat ditemui di Pangandaran, Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (9/1/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku tidak pernah menyesal sekalipun saat memutuskan berhenti dari sekolah.

Susi terang-terangan mengaku sekolah bukanlah gayanya. Sekolah mengatur banyak hal, sedangkan Susi identik menyukai kebebasan.

"Tidak, saya tidak pernah merasa menyesal. Bukan berarti saya mengajari orang (untuk) tidak sekolah. Ini adalah personal view of me. Saya menganggap duduk sekian jam di kelas, bukanlah gaya saya," kata Susi saat berbincang bersama Pemimpin Redaksi Kompas.com, Wisnu Nugroho, Senin (18/1/2021).

Baca juga: Susi Air Buka Lowongan Kerja Khusus untuk Masyarakat Pangandaran, Simak Posisi dan Syaratnya

Meski tidak menyukai sekolah, bukan berarti dia orang yang bodoh dan menyepelekan pelajaran. Dia berseloroh menjadi juara satu saat duduk di bangku sekolah dasar (SD) dan SMP.

Dia lantas mengaku, sekolah terlalu mudah untuk dirinya.

"Bukan berarti saya waktu sekolah tidak benar. Saya juara satu pas SMP dan SD. But its just too easy. Gue lima menit ulangan teknik kimia itu sudah selesai," ungkapnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hanya saja Susi merasa, keberadaannya di sekolah tidak akan membuat hidupnya lebih baik kala itu. Wanita asal Pangandaran ini menyebut, mau saja membuang-buang waktu asal hasilnya jelas dan bermanfaat.

"Saya tidak akan lebih baik bila di situ. Saya orang yang selalu memikirkan utilization of anything. Saya membuang-buang waktu, mau. Tapi untuk apa (dulu)? Harus ada manfaatnya," pungkas Susi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X