KNKT Berhasil Mengunduh Data dari FDR Pesawat Sriwijaya Air SJ 182

Kompas.com - 19/01/2021, 16:20 WIB
Kotak hitam (black box) pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ182 Jakarta - Pontianak diperlihatkan di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (12/1/2021). Kotak hitam tersebut selanjutnya akan dibawa ke laboratorium KNKT untuk dilakukan investisigasi lebih lanjut. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa. ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJAKotak hitam (black box) pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ182 Jakarta - Pontianak diperlihatkan di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (12/1/2021). Kotak hitam tersebut selanjutnya akan dibawa ke laboratorium KNKT untuk dilakukan investisigasi lebih lanjut. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa.

JAKARTA, KOMPAS.com - Komite Nasional Keselamatan Transportasi ( KNKT) telah berhasil mengunduh data yang terdapat di dalam Flight Data Recorder (FDR) pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang mengalami kecelakaan di sekitar perairan Kepulauan Seribu, Jakarta.

“Kami sampaikan data dari FDR sudah bisa kami dapatkan, sudah berhasil diunduh dengan total 370 parameter, 27 jam atau 18 penerbangan, termasuk penerbangan yang mengalami kecelakaan,” ujar Ketua Sub Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan Kapten Nurcahyo Utomo dalam pernyataannya, Selasa (19/1/2021).

Kendati begitu, Nurcahyo mengaku belum bisa memberikan informasi lebih lanjut terkait hasil investigasi sementara yang telah dilakukan oleh KNKT.

Baca juga: Harga Minyak Mentah Sempat Merosot, Kenapa Harga BBM Tak Pernah Turun Selama Pandemi?

Menurut dia, KNKT akan menyampaikah hasil investigasi sementara pada Februari 2021 nanti.

“Kami berharap dalam 30 hari setelah kecelakaan kami mampu mempublikasikan laporan awal atau preliminary report dan apabila nanti preliminary report ini akan dipublikasikan kami akan menyampaikan ke masyarakat luas,” kata dia.

Meski FDR telah ditemukan, Nurcahyo masih berharap Cockpit Voice Recorder SJ 182 bisa segera ditemukan. Sebab, hal tersebut diperlukan untuk mencari data tambahan terkait kecelakaan tersebut.

“Kami juga masih sangat mengharapkan didapatkannya CVR untuk mendukung data-data yang kami peroleh dari FDR,” ucap dia.

Baca juga: Survei Carsome: Konsumen Indonesia Mau Beli Mobil pada Kuartal II/2021

Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 diketahui hilang kontak pada Sabtu (9/1/2021) pukul 14.40 WIB.

Kemudian pesawat itu diperkirakan jatuh di antara Pulau Laki dan Lancang, Kepulauan Seribu, Jakarta.

Pesawat tersebut mengangkut 62 orang penumpang terdiri dari enam kru aktif, 46 penumpang dewasa, tujuh anak-anak, dan tiga bayi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X