Survei BI: Penyaluran Kredit Baru Bakal Meningkat di Kuartal I 2021

Kompas.com - 19/01/2021, 15:56 WIB
Ilustrasi Shutterstock/Pepsco StudioIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Survei Perbankan Bank Indonesia mengindikasi penyaluran kredit baru akan meningkat pada kuartal I 2021.

Hal ini terlihat dari SBT penyaluran kredit baru kuartal I 2021 sebesar 49,4 persen. Jumlah itu meningkat dari 25,4 persen pada kuartal IV 2020.

" Penyaluran kredit baru kuartal I 2021 didorong oleh kredit modal kerja, diikuti oleh kredit investasi, dan kredit konsumsi," kata Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono dalam siaran pers, Selasa (19/1/2021).

Baca juga: Ini Enaknya Punya Kartu Kredit...

Sementara itu, pertumbuhan kredit pada kuartal IV 2020 masih terbatas, dipengaruhi oleh pertumbuhan kredit investasi.

Erwin menuturkan, standar penyaluran kredit pada kuartal I 2021 diproyeksi tidak seketat periode sebelumnya.

Hal itu terindikasi dari Indeks Lending Standard (ILS) sebesar 0,4 persen. Angkanya lebih rendah dibandingkan dengan 3,2 persen pada triwulan sebelumnya.

"Aspek kebijakan penyaluran yang diprakirakan tidak seketat kuartal sebelumnya antara lain plafon kredit dan jangka waktu kredit," ungkap Erwin.

Baca juga: Relaksasi Pembayaran Kartu Kredit Diperpanjang

Hasil survei juga mengindikasikan responden tetap optimis terhadap pertumbuhan kredit untuk keseluruhan tahun 2021.

Responden memperkirakan pertumbuhan kredit pada 2021 mencapai 7,3 persen secara tahunan (yoy).

"Optimisme tersebut antara lain didorong oleh kondisi moneter dan ekonomi, serta relatif terjaganya risiko penyaluran kredit," pungkas Erwin.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X