Harga Minyak Mentah Sempat Merosot, Kenapa Harga BBM Tak Pernah Turun Selama Pandemi?

Kompas.com - 19/01/2021, 15:28 WIB
Ilustrasi SPBU Pertamina. KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi SPBU Pertamina.

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga bahan bakar minyak ( BBM) dalam negeri tidak pernah mengalami penurunan semenjak pandemi Covid-19 merebak. Padahal, pada saat bersamaan harga minyak dunia yang menjadi salah satu pertimbangan harga BBM sempat anjlok.

Direktur Pembinaan Hilir Migas Kementerian ESDM Soerjaningsih mengatakan, pihaknya sempat melakukan penyesuaian terhadap formula penentuan harga BBM sebelum Covid-19 muncul di Indonesia.

"Perlu kami sampaikan bahwa pada saat sebelum pandemi pemerintah sebenarnya sudah mengoreksi formula harga," katanya dalam konferensi pers secara virtual, dikutip Selasa (19/1/2021).

Baca juga: Cerita Susi Pudjiastuti Blokir Twitter Sandiaga Uno

Lebih lanjut, Sorjaningsih menyebutkan, penyesuaian harga tersebut membuat harga BBM umum mengalami penurunan. Penyesuaian harga pun dilakukan oleh badan usaha penyalur BBM pada Januari dan Februari 2020.

Namun semenjak pandemi merebak, pemerintah melalui Kementerian ESDM melihat penjualan BBM badan usaha mengalami penurunan.

Selain itu, pandemi juga disebut membuat biaya produksi BBM oleh badan usaha meningkat, sehingga tidak dilakukan penyesuaian formula penentuan harga BBM.

Baca juga: Pekan Ini, Izin Merger Bank Syariah Indonesia dari OJK Bakal Diterbitkan

Soerjaningsih memastikan, semenjak pandemi merebak badan usaha telah mengikuti ketentuan yang berlaku terkait penentuan harga BBM.

"Pemerintah terus memonitor kebijakan badan usaha agar supaya tetap mematuhi formula harga yang ditetapkan pemerintah," ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X