Rupiah Ditutup Melemah, Perpanjangan PSBB DKI Dinilai Jadi Penyebab

Kompas.com - 26/01/2021, 16:55 WIB
Ilustrasi rupiah Shutterstock/PramataIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS ditutup melemah di pasar spot pada Selasa (26/1/2021).

Melansir Bloomberg, rupiah ditutup melemah 42 poin (0,3 persen) di level Rp 14.065 per dollar AS dibandingkan dengan sebelumnya Rp 14.023 per dollar AS.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, pelemahan rupiah sore ini terdorong oleh sentimen perpanjangan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta.

Baca juga: Ingin Beli Valas ? Cek Dulu Kurs Rupiah Hari Ini

Aturan PSBB ini tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 51 Tahun 2021 yang diteken pada 22 Januari 2021.

Aturan ini sekaligus mengikuti periode pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang diterapkan pemerintah pusat.

PPKM telah diperpanjang hingga 8 Februari 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dengan diperpanjangnya PPKM dan PSBB tentunya dapat mengurangi konsumsi masyarakat sehingga akan menghambat laju pemulihan ekonomi Indonesia yang berdampak negatif ke pasar, dan ini bisa terlihat dari arus modal asing yang keluar pasar dalam negeri begitu besar, sehingga  wajar kalau mata uang rupiah dalam penutupan sore ini di tutup melemah," kata Ibrahim dalam siaran pers.

Baca juga: Awal Sesi, IHSG dan Rupiah Kompak Melemah

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan keputusan perpanjangan PSBB sekaligus mengimbau kepada semua pihak untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan.

Sementara keputusan perpanjangan PPKM disampaikan oleh Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto pekan lalu.

Sentimen eksternal, muncul pasca pelantikan Presiden AS Joe Biden. Saat ini investor tengah menunggu stimulus besar yang dijanjikan 1,9 triliun dollar AS.

Jika disahkan, stimulus itu bakal memberikan dana tunai ke warga AS dan bantuan ke pemerintah lokal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.