Kompas.com - 08/02/2021, 18:38 WIB
Manara BCA dok BCAManara BCA

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk mengestimasi pertumbuhan kredit mencapai 4-6 persen sepanjang tahun 2021.

Direktur Keuangan BCA, Vera Eve Lim mengatakan, perseroan optimistis penyaluran tumbuh positif usai mengalami kontraksi -2,1 persen (yoy) karena pemulihan ekonomi mulai berjalan sejak kuartal IV 2020.

"Tahun ini beberapa hal yang dilakukan pemerintah sangat bagus, kita harapkan ekonomi mulai recovery, terutama asumsi mobilitas lebih baik di kuartal IV. Estimasi pertumbuhan kredit di kisaran 4-6 persen," kata Vera dalam paparan kinerja BCA secara virtual, Senin (8/2/2021).

Baca juga: BCA Catat Laba Bersih Rp 27,1 Triliun Sepanjang 2020

Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja meyakini, pertumbuhan kredit masih akan ditopang oleh kredit korporasi, setelah mampu tumbuh positif 7,7 persen (yoy) sepanjang 2020.

Pertumbuhan 7,7 persen (yoy) itu sepanjang 2020 itu bisa lebih besar.

Namun, tertahan karena banyak korporasi yang melakukan pengembalian (repayment) di akhir tahun 2020.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Driver-nya kalau kita lihat dari tahun 2020 masih kredit korporasi. Ada permintaan yang cukup besar. Tapi di akhir tahun ada yang melakukan repayment, PLN, beberapa BPD, termasuk BTN," ucap Jahja.

Sementara kredit konsumer, pertumbuhannya masih tergantung seberapa cepat pemulihan ekonomi.

Baca juga: Dapat Tambahan Modal dari Bank Interim Indonesia, Aset BCA Syariah Meningkat 12,57 Persen

Adapun sepanjang tahun 2020, kredit konsumer -10,8 persen (yoy) menjadi Rp 141,2 triliun. KPR turun 3,7 persen (yoy) menjadi Rp 90,2 triliun, KKB terkontraksi 22,6 persen (yoy) menjadi Rp 36,9 triliun, dan saldo outstanding kartu kredit turun 20,6 persen (yoy) menjadi Rp 11,2 triliun.

Jahja mengatakan, kontraksi -10,8 persen pada kredit konsumer masih lebih baik karena sudah ditopang oleh berbagai pameran virtual yang diadakan BCA.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.