Setelah Tesla, Mastercard Juga yang Akan Jadikan Bitcoin sebagai Alat Pembayaran

Kompas.com - 12/02/2021, 06:26 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Sejumlah perusahaan raksasa mulai mengakomodir transaksi jual beli dengan menggunakan bitcoin.

Setelah beberapa waktu lalu Tesla berencana menyusul PayPal untuk menggunakan aset kripto atau cryptocurrency itu dalam transaksinya, kini giliran Mastercard yang akan melakukan hal serupa.

Dilansir dari CNN, Jumat (12/2/2021), Mastercard Inc akan mendukung penggunaan beberapa jenis aset kripto dalam jaringannya pada tahun ini.

“Filosofi kami terhadap cryptocurrency sangat lah jelas, ini tentang sebuah pilihan,” ujar Executive Vice President Mastercard, Raj Dhamodharan.

Baca juga: Beli Bitcoin Rp 21 Triliun, Tesla Terima Uang Kripto Jadi Alat Pembayaran

MasterCard bukan berkeinginan untuk merekomendasikan Anda untuk menggunakan cryptocurrency. Tapi kami di sini hadir untuk mengakomodasi pelanggan, merchant, dan pelaku usaha, baik secara tradisional atau kripto,” tambahnya.

Rencananya penggunaan aset kripto akan dilakukan dengan cara penyesuaian nilai aset kripto terhadap mata uang tradisional melalui sistem Mastercard ketika pengguna melakukan transaksi pembelian.

Langkah ini dinilai menjadi salah satu pencapaian bersejarah bagi Mastercard maupun aset kripto.

Pasalnya, Mastercard diproyeksi akan menjadi platform dengan pasar terbesar yang menerima aset kripto sebagai alat pembayaran sah.

Meskipun rencana tersebut masih belum terealisasi, namun ternyata sejumlah pengguna telah menggunakan Mastercard untuk melakukan pembelian aset kripto.

“Khususnya ketika harga (aset kripto) sedang meningkat,” tulis manajemen Mastercard.

Mastercard menentukan bahwa tidak semua mata uang kripto akan didukung di jaringannya, sebab masih banyak aset digital yang beredar masih perlu memperketat langkah-langkah kepatuhannya.

Baca juga: Beli Bitcoin Rp 21 Triliun, Tesla Terima Uang Kripto Jadi Alat Pembayaran

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.