Soal Stok Jelang Ramadhan, Mentan: Kita Kekurangan 200.000 Ton Daging

Kompas.com - 13/02/2021, 14:21 WIB
Pedagang daging sapi yang mulai berjualan usai mogok jualan di Pasar Anyar, Kota Tangerang, Banten, Senin (25/1/2021) siang. KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFALPedagang daging sapi yang mulai berjualan usai mogok jualan di Pasar Anyar, Kota Tangerang, Banten, Senin (25/1/2021) siang.


KOMPAS.com – Pemerintah mulai menyiapkan ketersediaan pangan jelang datangnya bulan Ramadhan tahun ini. Dari hasil perhitungan itu, stok daging segar menjadi sorotan.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengakui, kebutuhan daging cukup tinggi. Sedangkan di sisi lain stok daging segar terbatas.

"Dari data yang kami miliki, stok daging beku kita cukup untuk bertahan sampai bulan ke depan. Kita punya kekurangan daging 200.000 ton,” ujarnya, dikutip dari siaran pers pada Sabtu (13/2/2021).

Angka itu didapatkan dari selisih antara kebutuhan dan ketersediaan yang tak sebanding.

Baca juga: Mengintip Strategi Pengusaha Kuliner Raih Cuan Selama Pandemi

“Yang kita makan 600.000 ton lebih dan ketersediaan kita hanya 400.000 ton. Yang pasti kita tidak boleh bergantung. Oleh karena itu sesuai arahan bapak presiden kita harus memperkuatnya dengan upaya yang ada," katanya.

Syahrul menegaskan, ibadah di bulan suci tidak boleh diganggu atau bersoal dengan kecukupan pangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena itu semua upaya akan dilakukan pemerintah agar masyarakat bisa menjalankan ibadah puasa secara nyaman dan aman.

"Yang pasti kita tidak boleh membuat harga mahal sehingga rakyat kita tidak bisa makan. Tapi kita juga tidak boleh bergantung pada impor. Oleh karena itu semua upaya harus kita lakukan," imbuhnya.

Ia pun memerintahkan seluruh jajaran Kementan untuk memantau semua pergerakan komoditas pangan naaional, baik yang berkaitan dengan harga maupun dengan sistem distribusi.

"Makanya bicara pertanian itu tidak bisa bicara diatas kertas, harus mencium aroma lapangan. Setiap daerah kan memiliki iklim, kontur dan spesifikasi yang berbeda," urainya.

Baca juga: Antisipasi Kebutuhan Saat Lebaran, Pemerintah Impor 185.500 Ton Daging

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.