Siapkan Hal Ini jika Anda Mau Dilirik Erick Thohir Jadi Bos BUMN

Kompas.com - 18/02/2021, 15:09 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (17/7/2020). ANTARA FOTO/Dhemas ReviyantoMenteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (17/7/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membocorkan beberapa kriteria yang diinginkannya dalam memilih jajaran direksi di perusahaan-perusahaan pelat merah.

Salah satu yang tengah dicari Erick, yakni pemimpin yang berasal dari generasi milenial untuk mengisi jabatan penting di BUMN.

“Tentunya kami tidak sekadar mencari pemimpin atau mencari pemimpin dari generasi muda, yang dicari adalah para pemimpin dan calon pemimpin yang memiliki core value AKHLAK,” ujar Erick dalam sebuah webinar, Kamis (18/2/2021).

Baca juga: Keterwakilan Milenial dan Perempuan Jadi Pertimbangan Erick Thohir untuk Bos-bos BUMN

AKHLAK sendiri merupakan akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Selain itu, lanjut Erick, dia juga sedang mencari pemimpin yang memiliki kemauan belajar dan terus berkembang demi kemajuan bangsa Indonesia.

“Tiga, employee value proposition atau EVP di BUMN. Terobosan menetapkan keterwakilan generasi muda, core value dan EVP tadi merupakan bagian dari transformasi human capital yang ada di BUMN,” kata mantan bos Inter Milan itu.

Bagi Erick, transformasi merupakan bagian penting untuk meningkatkan daya saing BUMN menjadi pemain global dan BUMN bisa menjadi mesin pencetak talenta-talenta muda berbakat bagi Indonesia.

Baca juga: Diminta Erick Thohir Kembali ke Khitah, Ini Komentar 4 Bank BUMN

“Generasi baru pemimpin Indonesia haruslah memiliki karakter dan nilai luhur yang kuat yang memimpin dan mampu menggerakkan perubahan untuk kemajuan, tidak hanya bagi diri sendiri dan usahanya, namun juga bagi Indonesia,” ungkapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X