Imbas Banjir Jakarta dan Sekitarnya, PLN Masih Padamkan Listrik di Wilayah ini

Kompas.com - 20/02/2021, 15:02 WIB
Ilustrasi PixabyIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir masih menggenangi sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya, akibat hujan ekstrem yang terjadi sejak Jumat (19/2/2021).

Ini mengakibatkan PT PLN (Persero) terpaksa melakukan penghentian sementara aliran listrik demi keselamatan warga.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Doddy Pangaribuan mengatakan, hingga pukul 12.00 WIB hari ini, Sabtu (20/2/2021), terdapat 337 gardu distribusi listrik terdampak yang terpaksa dipadamkan untuk keselamatan warga.

Baca juga: Berapa Biaya Tambah Daya Listrik PLN Terbaru?

Sebanyak 65 gardu atau 20 persen dari gardu terdampak sudah dipulihkan karena kondisi setempat sudah aman untuk dialiri listrik.

“Dari 102.045 pelanggan yang terdampak, sudah 20.088 pelanggan yang listriknya sudah kembali normal,” ujar Doddy dalam keterangan tertulis.

Doddy menjabarkan, wilayah-wilayah yang masih mengalami pemadaman di Jakarta Timur yaitu, Cipinang, Cipingan Ranti, Kampung Makasar, dan Bambu Apus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian di Jakarta Selatan pemadaman terjadi di Fatmawati, Kemang, Pejaten,  Warung Buncit, Kalibata, Ciledug, Petukangan, Pondok Kacang, dan Kuningan.

Sementara di Jakarta Pusat, pemadaman hanya terjadi di Karet Tengsin.

Baca juga: Tesla Pilih Bangun Pabrik Mobil Listrik di India, Pemerintah Diminta Lakukan ini

Lalu, untuk Kota Bekasi, pemadaman dilakukan di Bintara, Jatiasih, Kalimalang, Pondok Gede Permai, Jatibening, Jatiwaringin, dan Pondok Gede.

Doddy memastikan, PLN akan berupaya maksimal dalam mengamankan listrik saat banjir di Ibu Kota dan sekitarnya.

Sebanyak 2.371 personel diterjunkan untuk mengamankan warga saat terjadi banjir di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

PLN juga tetap siaga di 72 posko dengan perlengkapan pendukung 103 Genset, 20 UPS, 99 Unit Gardu Bergerak, 12 Unit Kendaraan Deteksi dan 700 Unit Kendaraan Operasional, dan 37 perahu karet.

“Listrik segera dinormalkan apabila semua sudah dalam keadaan kering dan siap. Saat ini mohon bersabar karena keselamatan jiwa kita semua yang utama," ucap Doddy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.