Imbas Banjir, Keberangkatan KA dari Stasiun Pasar Senen Dibatalkan

Kompas.com - 21/02/2021, 11:40 WIB
PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta berlakukan Gapeka baru pada 10 Februari 2021. KAI Daop 1 JakartaPT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta berlakukan Gapeka baru pada 10 Februari 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com – Hujan deras yang menyebabkan banjir di Jakarta dan sekitarnya berdampak pada operasional kereta api.

Hingga Minggu (21/2/2021) pagi, sejumlah ruas jalur pada petak jalan antara Kedunggedeh - Lemah Abang Km 55 +100 sampai dengan KM 54+500 masih terendam banjir. Untuk sementara waktu lokasi tersebut belum dapat dilalui.

Banjir yang merendam sejumlah ruas jalur rel tersebut merupakan dampak dari meningkatnya debit aliran sungai dari bendungan Kamojing, Pupukujang dan Walahar.

“KAI Daop 1 mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jasa Kereta Api yang mengalami kendala dampak cuaca ekstrim sehingga berpengaruh pada kondisi prasarana dan operasioal KA,” ujar keterangan resmi dari PT KAI Daop 1 Jakarta, Minggu (21/2/2021).

Baca juga: Soal Insentif PPnBM 0 Persen, Industri Otomotif Jadi Anak Emas Pemerintah?

Dampak cuaca ekstrem di area Daop 1 Jakarta, terdapat hambatan perjalanan KA Jarak Jauh. Pada Minggu 21 Februari 2021 untuk waktu keberangkatan sampai pukul 12.00 WIB, seluruh KA yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dibatalkan.

Sedangkan keberangkatan dari Stasiun Gambir dialihkan berangkat dari Stasiun Cikampek untuk KA 2 Argo Bromo Anggrek relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi dan Plb 10A Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo Balapan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun KA 38 Argo Parahyangan relasi Gambir - Bandung dibatalkan keberangkatannya. Kedua KA yang tetap diberangkatkan dari Stasiun Cikampek merupakan perjalanan KA dengan jadwal yang masih memungkinkan untuk tetap diupayakan operasionalnya.

“Penumpang pada KA tersebut diberangkatkan menggunakan Bus menuju Stasiun Cikampek dan selanjutnya melanjutkan Perjalanan menggunakan jasa KA,” tandasnya.
Untuk keberangkatan KA pada siang nanti dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen akan kembali diinformasikan secara berkala.

Baca juga: 5 Cara Menangani Komplain Pelanggan dengan Baik

Bagaimana nasib penumpang?

Terpisah, VP Public Relations KAI Joni Martinus juga menyampaikan permohonan maaf serupa.

“Kami atas nama Manajemen KAI mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat banjir yang menggenangi jalur kereta api lintas Kedunggedeh - Lemahabang, Kab. Bekasi,” ujarnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.