Kompas.com - 24/02/2021, 17:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Nailul Huda mengatakan, ke depan neobank di Indonesia akan memiliki sejumlah tantangan.

Salah satu tantangannya adalah munculnya kompetitor di industri keuangan.

"Seperti Financial Technolgy (Fintech) ataupun dari perbankan. Di sini saingannya itu masih terbuka banget,"ujarnya dalam diskusi Online Media KOINversation-Prospek NeoBank di Indonesia yang disiarkan secara virtual, Rabu (24/2/2021).

Menurut dia salah satu yang menjadi faktor munculnya tantangan tersebut adalah karena besarnya penetrasi pasar Neobank.

Baca juga: Kerap Disebut Pesaing Fintech, Kenali Apa Itu Neobank

Belum lagi dengan adanya pengembangan dari sisi layanan penunjang yang ke depannya dinilai akan masih terus meningkat.

"Karena neobank ini masih baru, jadi fitur layanan penunjangnya masih akan terus berkembang masih bisa terus meningkat. Begitupun dengan pangsa pasarnya juga bisa ikut meningkat," ucapnya.

Selain dari Fintech dan perbankan, kompetitor lain yang juga ikut muncul dari industri ride hailing ataupun dari perusahaan telekomunikasi lain.

"Perusahaan Telko kan sangat dekat dengan teknologi, artinya masih bisa masuk ke sini atau menjadi kompetitor," ucapnya.

Sementara itu VP of Marketing KoinWorks Frecy Ferry Daswaty justru menilai neobank dengan industri Fintech jika melakukan kolaborasi, akan sangat memungkinkan. Sebab, menurut dia, neobank dan Fintech sama-sama bergerak di bidang financial alias keuangan.

Baca juga: OJK Ingin Aturan Fintech Skor Kredit Rampung Sebelum Akhir 2021

"Jadi trennya mengarah ke sana, ada kemungkinan untuk berkolaborasi. Apalagi saat ini eranya adalah era kolaborasi," katanya.

Dia juga menilai bukan hanya Fintech yang bakal mengarah ke hal yang sama, namun seperti industri ride hailing juga akan melakukan yang sama.

"Akan sangat mungkin untuk kolaborasi, karena dari sisi industrinya juga memang cocok. Kita harus mengikuti tren yang ada," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.