Harga Minyak Terus Menguat, Bisa Bikin Keuangan Negara Makin Berat

Kompas.com - 27/02/2021, 11:14 WIB
Ilustrasi THINSTOCKIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak awal tahun 2021, harga minyak mentah global telah menguat lebih dari 30 persen. Penguatan ini diproyeksi masih akan berlanjut, didukung optimisme pasar terhadap kehadiran vaksin Covid-19.

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan mengatakan, tren penguatan tersebut akan berimbas terhadap keuangan negara. Sebab, harga jual bahan bakar minyak (BBM) diproyeksi tidak akan mengalami perubahan.

Hal tersebut kemudian akan membuat pemerintah mengucurkan dana yang lebih besar untuk membayar kompensasi subsidi ke PT Pertamina (Persero), selaku penyalur BBM subsidi.

“Jika (harga minyak) naik terus, nanti beban keuangan negara akan semakin berat akan dana kompensasi yang diberikan,” kata Mamit kepada Kompas.com, Jumat (26/2/2021).

Baca juga: Harga Minyak Mentah Diprediksi Tembus Rp 1 Juta Per Barrel, Ini Penyebabnya

Untuk mengatasi hal tersebut, Mamit menyarankan kepada pemerintah untuk memperketat pengawasan penyaluran BBM subsidi. Dengan demikian, konsumsi BBM subsidi akan dapat dikendalikan.

“Tidak semua orang bisa menggunakan BBM subsidi, tapi hanya mereka yang membutuhkan,” ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apabila nantinya peningkatan harga minyak mentah dan konsumsi tidak dapat terkendali, Mamit pun menyarankan agar penyesuaian harga BBM subsidi dilakukan.

Namun, menurutnya ini adalah opsi terakhir yang dapat dilakukan oleh pemerintah.

“Harus melihat timing yang tepat. Jangan sampai dengan kondisi ekonomi yang belum tumbuh ada kenaikan harga BBM subsidi,” ucap Mamit.

Baca juga: Harga Minyak Terus Menguat, BBM Bakal Ikut Naik?



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.