Berapa Proporsi Investasi Emas yang Ideal untuk Karyawan?

Kompas.com - 27/02/2021, 17:20 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berinvestasi telah menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat masa kini. Investasi dipercaya dapat memberikan keuntungan sehingga dapat mengakumulasikan kekayaan di masa mendatang.

Salah satu instrumen investasi yang bisa dipilih adalah investasi emas. Keuntungan berinvestasi emas bagi seorang karyawan dengan pendapatan yang tetap, tentu menjadi pilihan yang aman untuk dimasukkan ke dalam portofolio investasi.

Lalu, seberapa besar proporsi emas yang ideal dalam portofolio investasi?

Baca juga: Rincian Harga Emas Batangan 0,5 Gram hingga 1 Kg di Pegadaian Terbaru

Co-Founder & CMO IndoGold Indra Sjuriah mengatakan, besaran investasi emas bergantung pada tiap individu. Yang pasti, sebelum berinvestasi karyawan harus membagi pos-pos pengeluaran rutin begitu menerima gajinya.

“Penentuan proporsi investasi emas disesuaikan dengan tujuan finansial yang ingin diraih di masa mendatang. Misalnya, untuk biaya pendidikan, dana darurat atau kebutuhan lainnya," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, dikutip Sabtu (27/2/2021).

Dia mengatakan, besaran investasi emas bergantung dengan profil masing-masing.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apabila profilnya agresif, dana yang disisihkan untuk emas bisa 10 persen. Sisanya bisa ditaruh pada instrumen investasi lain dengan imbal balik dan risiko yang tinggi.

"Sedangkan profil konservatif di angka 30-40 persen," ungkapnya.

Menurut Indra, dengan mendiversifikasikan investasi ke lebih dari satu instrumen investasi, dapat meminimalkan risiko keuangan.

Dia menambahkan, untuk memulai investasi emas tidak perlu menunggu momentum yang tepat ketika harga emas naik atau turun.

Pasalnya sebut Indra, investasi emas memang ditunjukkan untuk jangka panjang, yakni minimal 5 tahun.

Baca juga: Harga Emas Antam Anjlok Rp 22.000

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.