Kemendag Gandeng Perhotelan dan Perbankan Dorong Kinerja UMKM

Kompas.com - 01/03/2021, 12:48 WIB
Wamendag Jerry Sambuaga saat membuka ?Diskusi Publik: Optimalisasi Peran Pemuda Dalam Menghadapi Era Industri 4.0? di Kantor Gubernur Maluku, Rabu (28/10/2020).
DOK. kemendag.go.id Wamendag Jerry Sambuaga saat membuka ?Diskusi Publik: Optimalisasi Peran Pemuda Dalam Menghadapi Era Industri 4.0? di Kantor Gubernur Maluku, Rabu (28/10/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggandeng sektor perhotelan, perbankan, hingga pemerintah daerah dalam upaya mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Kolaborasi dilakukan dengan grup perhotelan Accor, PT AAPC Indonesia, PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI, dan pemerintah daerah Sulawesi Utara, yang ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama oleh setiap pihak.

Ini menjadi kerja sama ke-7 yang dilakukan Kemendag dari tahun sebelumnya sudah dilakukan di Provinsi Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, dan Jawa Barat.

Baca juga: Bidik Ekspor Mobil ke Australia, Mendag Rayu Produsen Jepang

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan, melalui kerja sama tersebut diharapkan bisa menjawab tantangan perdagangan di masa pandemi.

Terlebih mengingat UMKM memiliki peranan penting dalam perekonomian nasional.

"Oleh karena itu kita harus mendukung pengembangan UMKM dengan berbagai cara, termasuk dalam pengembangan pemasaran dan perdagangannya melalui kolaborasi ini," ujar Jerry dalam keterangan tertulis, Senin (1/3/2021).

Dalam kerja sama ini disepakati bahwa UMKM akan menjadi penyedia kebutuhan di hotel jaringan Accor.

Selain itu, sebagai dukungan dalam mempromosikan produk UMKM, hotel secara periodik menyediakan ruang pamer di area yang strategis.

Baca juga: Program Dilanjutkan, BLT UMKM Rp 2,4 Juta Cair Maret 2021

Di sisi lain, BNI didorong untuk berperan sebagai pendukung pembiayaan, pembayaran dan transaksi-transaksi lainnya.

Menurut Jerry, melibatkan berbagai sektor merupakan wujud konkret dari upaya membangun perekonomian nasional, khususnya di wilayah Sulawesi Utara.

Ia meyakini, tantangan perdagangan dan ekonomi bisa dihadapi jika semua pihak berkolaborasi.

Selain itu, ia juga menekankan pentingnya terus menggaungkan program Bangga Buatan Indonesia (BBI) untuk mendorong pemasaran produk buatan lokal, khususnya dari UMKM.

"Melalui kerja sama ini diharapkan produk-produk Indonesia bisa terus berkembang dan meningkat kualitasnya karena mendapatkan pasar yang baik," kata Jerry.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X