[TREN BISNIS KOMPASIANA] Corporate Culture, Berdamai dengan Pandemi | Elegi Toko Buku | Bisnis Jengkol yang Menjanjikan

Kompas.com - 02/03/2021, 21:19 WIB
Pekerja yang menggunakan masker saat menyebrangi zebra cross di Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (14/9/2020). PSBB kembali diterapkan tanggal 14 September 2020, berbagai aktivitas kembali dibatasi yakni aktivitas perkantoran, usaha, transportasi, hingga fasilitas umum. PSBB Jakarta 14 September 2020Pekerja yang menggunakan masker saat menyebrangi zebra cross di Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (14/9/2020). PSBB kembali diterapkan tanggal 14 September 2020, berbagai aktivitas kembali dibatasi yakni aktivitas perkantoran, usaha, transportasi, hingga fasilitas umum.

KOMPASIANA---Genap satu tahun covid-19, per hari ini 2 Maret 2021 sudah melanda Indonesia sejak kasus pertama ditemukan.

Sudah tidak ada lagi yang sama seperti dulu, dunia pendidikan hingga perkantoran mengubah semua konsep. Meski perlahan, tapi mulai menunjukan kebiasaan baru.

Sebagai contoh, pemilik perusahaan dan pengelola perkantoran agar merumuskan kembali konsep kerja yang aman dan sehat selama pandemi Covid-19.

Walau pada Juli 2020, misalnya, perkantoran jadi penyumbang kasus baru yang terinveksi covid-19. Pengelola perkantoran dan para karyawan yang mulai beraktivitas di kantor diminta untuk lebih meningkatkan kewaspadaan.

Sudah ada yang berubah dari aktivitas di perkantoran selama ini? Perubahan apa yang kentara?

Inilah 4 konten terpopuler dan menarik di Kompasiana pada rubrik Bisnis dalam menyikapi covid-19 yang sudah berlangsung 1 tahun di Indonesia.

1. Corporate Culture, Pilihan Berdamai dengan Pandemi

Corporate culture, dalam kondisi seperti ini, merupakan identitas sekaligus upaya perusahaan dalam mempersiapkan keberlangsungan suatu entitas bisnis.

Pilihan-pilihan yang terjadi dalam sebuah organisasi atau peusahaan, menurut Kompasianer Suparjono, mesti jadi satu bentuk corporate culture yang dibangun agar keberlangsungan bisnis yang dijalankan.

"Bahwa budaya mampu mengantarkan entitas bisnis melakukan tindakan menyesuaikan diri sehingga mampu bertahan dalam kondisi apapun," lanjutnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X