[KURASI KOMPASIANA] Tips Membeli Rumah Pertama | Aspek Penting Membangun Tangga di Hunian Kecil | Mengenali Tanda Serangan Rayap di Rumah

Kompas.com - 08/03/2021, 20:21 WIB
Peningkatan pamor hunian di kota penyangga memang bukan tanpa alasan. Selain dari segi harga, kawasan kota penyangga memiliki kelebihan yang tidak kalah dengan kota utama. Dok. ShutterstockPeningkatan pamor hunian di kota penyangga memang bukan tanpa alasan. Selain dari segi harga, kawasan kota penyangga memiliki kelebihan yang tidak kalah dengan kota utama.

KOMPASIANA---Memiliki rumah merupakan impian semua orang. Namun terkadang persoalan rumah kerapkali membuat dilema sebagian orang.

Tidak hanya itu, bagi yang sudah bekeluarga, antara beli yang sudah jadi melalui kredit pemilikan rumah (KPR) atau membangun rumah dari nol.

Namun, sebelum membeli rumah atau membangun rumah dari nol pastikan kamu memerhatikan beberapa hal, seperti tentukan tujuan mengapa akhirnya memilih cara tersebut.

Atau, bisa juga pilihlah developer yang memiliki rekam jejak yang baik, besaran dana yang dimiliki, dan pastikan lokasinya strategis hingga faktor keamanan lingkungan perumahan.

Berhubung rumah merupakan investasi yang panjang, kamu juga perlu mengetahui keuntungan dan kerugian sebelum membeli rumah secara KPR maupun membangun rumah dari nol agar tidak menyesal di kemudian hari.

Simak 3 konten berikut ini terkait pengalaman membeli rumah pertama hingga belajar mengenali tanda serangan rayap di rumah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Mau Membeli Rumah Pertama? Pengalaman Ini Mungkin Berguna

Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer yang tidak bisa diganggu gugat. Namun, mahalnya harga rumah sering kali membuat dilema antara beli rumah yang sudah jadi atau membangun rumah.

Kompasianer Meirri Alfianto membagikan pengalamannya membeli rumah pertamanya saat berusia 26 tahun.

Melalui pemaparannya, saat mencari rumah subsidi, banyak developer yang mengimi-ngiminginya dengan harga dan DP yang murah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.