Indikator Perekonomian Menunjukkan Tanda Pemulihan, Ini Buktinya

Kompas.com - 12/03/2021, 08:40 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi


JAKARTA, KOMPAS.com – Satu tahun sudah pandemi Covid-19 memberikan tantangan dan implikasi besar bagi seluruh sektor.

Tidak terkecuali perbankan dan juga seluruh elemen masyarakat, termasuk pelaku usaha dan nasabah perbankan.

Direktur Bank OCBC NISP Johannes Husin Bank OCBC NISP mengatakan, pemulihan ekonomi menjadi penantian utama seluruh pihak di tahun 2021 setelah kontraksi yang terjadi tahun sebelumnya.

Baca juga: [POPULER MONEY] Syarat Agar Lolos Kartu Prakerja | Ditjen Pajak Lelang Mobil Sitaan

Berbagai kebijakan fiskal dan moneter, serta vaksinasi yang sudah berjalan diharapkan menjadi katalis yang akan mendorong pemulihan.

Optimisme ini sejalan dengan laporan Dana Moneter Internasional (IMF) yang disampaikan oleh Bank Indonesia di mana sinergi kebijakan di Indonesia dalam menghadapi pandemi dianggap dapat menopang pemulihan ekonomi.

Untuk mendukung pemulihan ekonomi, pemerintah memberikan stimulus yang diharapkan dapat mendorong konsumsi masyarakat, khususnya kelas menengah ke atas.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Stimulus tersebut di antaranya keringanan uang muka kredit kendaraan bermotor dan kredit kepemilikan rumah, serta penurunan BI 7-Day Reverse Repo Rate atau suku bunga acuan.

Baca juga: IHSG Bakal Lanjutkan Penguatan, Cek Rekomendasi Saham Hari Ini

“Hasilnya, beberapa indikator perekonomian terlihat sudah mulai pulih seperti PMI manufaktur yang berekspansi sebesar 52,2 dan cadangan devisa yang berhasil mencatatkan rekor tertinggi sepanjang sejarah sebesar 138 miliar dollar AS,” kata Johannes dalam siaran pers, Jumat (12/3/2021).

Johannes mengatakan, beberapa indikator ini mengindikasikan, fundamental Indonesia berada dalam kategori baik di tengah proses vaksinasi dan ini diharapkan akan menjadi katalis positif bagi pemulihan ekonomi.

“Bank OCBC NISP melihat indikasi pemulihan ekonomi tersebut perlu menjadi pertimbangan bagi nasabah dalam menentukan keputusan finansial selanjutnya dan kami siap menjadi kawan seperjalanan nasabah dengan menyediakan solusi keuangan yang terintegrasi,” tambah dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X