Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[TREN EDUKASI KOMPASIANA] Pentingnya Membuat Kontrak Waktu Belajar bersama Anak | Mendisiplinkan Anak Tanpa Bentakan dan Kekerasan, Mungkinkah?

Kompas.com - 11/03/2021, 23:52 WIB
Harry Rhamdhani

Penulis

KOMPASIANA---Mendampingi anak selama belajar dari rumah bukanlah hal yang mudah. Berbagai tantangan harus dihadapi.

Acap kali sang anak mulai mengulur waktu belajar karena merasa bosan dan semangat belajar mulai berkurang, sehingga hal tersebut sering kali membuat orangtua stres dan mudah marah.

Namun tahukah mengungkapkan kemarahan terlalu sering kepada anak dapat membawa dampak buruk bagi psikologisnya?

Oleh karena itu, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, orangtua dituntut untuk sabar dan dapat mengontrol emosi selama proses mendampingi anak belajar dari rumah.

Nah, agar proses pendampingan belajar berjalan efektif dan orangtua tidak mudah tersulut emosi, berikut ini 3 konten di Kompasiana mengenai pentingnya membuat kontrak waktu belajar bersama anak hingga kiat mendisplinkan anak tanpa bentakan dan kekerasan:

1. Pentingnya Membuat Kontrak Waktu Belajar bersama Anak Selama Belajar dari Rumah

Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) membawa tantangan tersendiri, mulai dari diharuskan orangtua memahami pelajaran sekolah hingga memperhatikan pola belajar sang anak.

Namun, suasana rumah yang begitu nyaman dan jadwal yang lebih fleksibel, kerap kali membuat anak mudah kehilangan fokus dan tidak bisa berkonsentrasi dengan baik. Di sinilah peran orangtua diperlukan agar anak tetap bisa belajar dengan baik di rumah.

Kompasianer, Ai Erfariyah yang merupakan seorang guru memaparkan bahwa ia pernah mengalami kesulitan mendampingi anaknya selama proses belajar dari rumah.

Sang anak kerap kali memilih bermain dengan temannya daripada belajar dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.

Khawatir anaknya tertinggal materi yang diajarkan oleh gurunya, akhirnya ia pun membuat kesepakatan waktu belajar dengan anak yang menyesuaikan dengan metode yang diterapkan. (Baca selengkapnya)

2. Tips Mengatasi Anak yang Sudah Mulai Bosan Belajar di Rumah

Rasa malas belajar merupakan salah satu gangguan umum yang anak-anak hadapi ketika bersekolah.

Munculnya rasa malas pun dapat dipengaruhi oleh ragam faktor, oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk mencari tahu terlebih dahulu penyebabnya alih-alih memarahi anak secara langsung.

Tety Polmasari, seorang ibu yang memiliki 3 orang anak mengisahkan perjuangannya dalam membangkitkan motivasi anak supaya mau belajar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com