[KURASI KOMPASIANA] Waktu yang Tepat untuk "Resign" | Baguskah Menunda "Resign"? | Alasan-alasan untuk "Resign"

Kompas.com - 21/03/2021, 15:33 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPASIANA---Apakah saat ini Anda sedang memikirkan untuk resign dari pekerjaan? Terlebih dalam situasi pandemi ini kebimbangan untuk memutuskan resign dari pekerjaan dibanding bekerja begini-begini saja pasti tidaklah mudah.

Hal ini karena belum tentu ada perusahaan yang membuka lowongan kerja sebanyak dulu karena dampak pandemi. Jika begitu, kapan waktu yang tepat untuk resign?

Resign secara umum merupakan hak setiap karyawan. Meskipun begitu, resign juga membutuhkan proses dan aturan yang terikat dengan perusahaan tempat bekerja.

Lalu apa saja yang perlu kita pertimbangkan sebelum yakin untuk memutuskan resign?

1. Menerka Perkiraan Waktu yang Tepat untuk Resign bagi Para Karyawan

Perlu diingat, hubungan karyawan dengan perusahaan harus tetap baik jika kita ingin memutuskan resign.

Kompasianer Seto Wicaksono berpendapat, masuk perusahaan baik-baik, saat keluar juga mesti baik-baik.

"Perlu diingat bahwa, setidak-menyenangkannya kantor tempat kalian bekerja, pada masanya, tetap menjadi suatu tempat untuk menambah kemampuan sekaligus wawasan," lanjutnya.

Untuk itu, mengabarkan jauh-jauh hari dalam periode satu atau dua bulan sebelumnya merupakan suatu etika baik. Tentunya, hal tersebut akan membawa citra karyawan tersebut pada kelancaran karier sesudahnya. (Baca selengkapnya)

2. Menunda-nunda "Resign", Baguskah?

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X