Erick Thohir Tak Mau Ada Dikotomi antara Sektor Keuangan dan Perbankan Syariah

Kompas.com - 22/03/2021, 18:36 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Erick Thohir mengatakan, pihaknya dapat menjadi wadah ekosistem ekonomi syariah bagi seluruh pemangku kepentingan.

Hal ini disampaikan Erick saat pelantikan pengurus MES di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin (22/3/2021).

“Kita ingin mendorong terbentuknya ekosistem ekonomi syariah yang efektif, sehingga tidak perlu terjadi lagi yang namanya dikotomi sektor keuangan dan perbankan syariah dengan sektor riil," ujar Erick.

Baca juga: Erick Thohir: Indonesia Terlambat Terapkan Sistem Keuangan Syariah

Mantan bos Inter Milan itu menambahkan, sektor keuangan dan perbankan syariah memiliki daya tahan dalam menghadapi berbagai situasi krisis.

Maka dari itu, kehadiran sebuah ekosistem ekonomi syariah merupakan keharusan, mengingat Indonesia merupakan negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia.

“Kita berkaca dari situasi krisis sebelumnya, terbukti sektor ekonomi syariah memiliki kekuatan besar dalam menghadapi krisis tersebut," ucap Erick.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia pun berharap MES dapat menjadi jembatan bagi seluruh pemangku kepentingan ekonomi syariah, khususnya antara regulator seperti Bank Indonesia, OJK, LPS, dan KNEKS dengan lembaga pemerintah dan lembaga lainnya.

Tak hanya itu, ucap dia, MES juga bisa bersinergi dengan BUMN dalam mendorong perkembangan industri syariah, seperti makanan, minuman, fesyen, obat-obatan dan kosmetik, media, kesehatan, serta pariwisata.

Baca juga: Ingin Beli Rumah? Bank Syariah Indonesia Tawarkan Margin Rendah dan Bebas Biaya Administrasi

“Seperti yang disampaikan Pak Wapres, MES harus bisa hadir dan menberikan, menyediakan solusi atas berbagai permasalahan yang ada di masyarakat. MES juga harus mampu mengoptimalkan potensi yang dimiliki bangsa," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.