17,4 Juta Orang Dapat Bansos, Cek Data Penerima di dtks.kemensos.go.id

Kompas.com - 31/03/2021, 13:11 WIB
Penyaluran BPNT di e-Warung yang ada di Kelurahan Kumpulrejo Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga. KOMPAS.com/IstPenyaluran BPNT di e-Warung yang ada di Kelurahan Kumpulrejo Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga.


JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah bakal menyalurkan bantuan sosial (Bansos) dengan total 17.496.185 penerima sepanjang periode Maret-April 2021. Sebagian besar sudah disalurkan secara bertahap sejak awal Maret 2021.

Angka tersebut khusus untuk Bansos yang berupa Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), belum termasuk penyaluran untuk bantuan sosial tunai (BST) dan Program Keluarga Harapan (PKH)

Apakah kamu termasuk sebagai salah satu penerima Bansos? Jika ingin tahu kamu masuk atau tidak sebagai penerima, bisa langsung cek di dtks.kemensos.go.id. Cara cek data penerima Bansos di dtks.kemensos.go.id cukup mudah.

Pertama-tama, kamu harus membuka laman dtks.kemensos.go.id. Jika sudah masuk ke halaman utama, fitur cek data penerima terdapat di bagian paling atas halaman tersebut.

Sebagai catatan, fitur di halaman tersebut bukan untuk pendaftaran Bansos. Halaman tersebut hanya memberikan info penerima BST, BPNT, dan PKH.

Baca juga: Ada Stimulus Baru, Penduduk AS Bakal Terima Bansos Rp 19,6 Juta

Berikut cara cek data penerima Bansos melalui dtks.kemensos.go.id:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Pilih ID Kepesertaan yang diinginkan
2. Masukkan Nomor Kepesertaan dari ID yang dipilih
3. Masukkan Nama yang sesuai dengan ID yang dipilih
4. Masukkan 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode
5. Klik kotak kode untuk mendapatkan kode baru

“Sistem akan mencocokan ID dan Nama yang diinput dan membandingkan antara nama yang diinput dengan nama yang ada dalam database kami,” demikian bunyi penjelasan dalam laman dtks.kemensos.go.id, dikutip pada Rabu (31/3/2021).

Data penyaluran Bansos terbaru

Selama Maret 2021, Kementerian Sosial (Kemensos) telah menyalurkan BNPT dengan akumulasi sebanyak 10.496.185 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Rinciannya, penyaluran pada 22 Maret sebanyak 4.502.451 KPM dan 25 Maret sebanyak 5.993.734 KPM. Proses penyaluran bantuan tahap selanjutnya dilakukan pada 29 Maret sebanyak 4 juta KPM dan 30 Maret sebanyak 3 juta KPM.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.