Kompas.com - 02/04/2021, 01:30 WIB
Ilustrasi solar berkualitas dengan Dexlite. Dok. PertaminaIlustrasi solar berkualitas dengan Dexlite.


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) merilis daftar harga bahan bakar minyak (BBM) Umum yang berlaku di seluruh Indonesia mulai 1 April 2021.

Meski kebijakan ini berlaku mulai 1 April yang bertepatan dengan April Mop, namun pengumuman dari Pertamina tersebut bukan bagian dari peringatan April Mop.

Sebagaimana diketahui, April Mop atau yang dikenal juga dengan April Fools' Day, diperingati pada tanggal 1 April setiap tahun. Pada hari itu, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah.

Adapun harga BBM terbaru hari ini yang dirilis Pertamina bukanlah lelucon. Pertamina melakukan penyesuaian harga BBM Umum dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020.

Baca juga: Mulai Hari ini, Harga BBM Pertamina di Sumatera Utara Naik Rp 200 per Liter

Kepmen itu mengatur tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan.

Rincian harga BBM yang dirilis Pertamina berbeda-beda di tiap daerah. Harga BBM Pertamina juga dipatok berbeda tergantung pada jenisnya yakni Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamax Racing, Dexlite, Pertamina Dex, Solar Non-Subsidi, dan Minyak Tanah Non-Subsidi.

Di sejumlah daerah, tidak tercantum harga BBM jenis tertentu. Artinya, bisa jadi BBM jenis tertentu yang tak dicantumkan harganya tidak dijual di daerah tersebut atau disalurkan dalam jumlah terbatas.

Berikut ini adalah daftar lengkap harga BBM terbaru mulai 1 April 2021 yang dijual di SPBU-SPBU Pertamina. Harga yang dicantumkan dalam tulisan ini adalah harga BBM per liter dalam kurs atau mata uang rupiah.

Baca juga: Kilang Balongan Terbakar, Stok BBM dan Elpiji Nasional Masih Melimpah

Selengkapnya dikutip dari laman resmi Pertamina pada Jumat (2/4/2021), inilah harga BBM saat ini:

Harga BBM di Nanggroe Aceh Darussalam

Pertalite 7.650
Pertamax 9.000
Pertamax Turbo 9.850
Pertamax Racing 44.500
Dexlite 9.500
Pertamina Dex 10.200
Solar Non Subsidi 9.400
Minyak Tanah Non Subsidi 11.220

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X