IHSG Awal Sesi Bangkit, Rupiah Masih Lemah

Kompas.com - 14/04/2021, 09:51 WIB
Suasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (1/7/2018). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSuasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (1/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu(14/4/2021) pagi, dibuka menguat.

Pukul 9.10 WIB, IHSG berada di posisi 5.984,49, menguat 0,96 persen dibanding penutupan sebelumnya di level 5.927,43.

Dilansir dari RTI, nilai total transaksi yang diperoleh sebesar Rp 762,54 miliar dari 1.237 lembar saham yang diperjualbelikan. Adapun saham yang menguat sebanyak 248, melemah 102, dan 151 di posisi stagnan.

Baca juga: Mampukah IHSG Bangkit? Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama memproyeksikan secara teknikal  IHSG hari ini bergerak menguat.

Menurut dia, berdasarkan indikator MACD dan Indeks Kekuatan Relatif (RSI) masih menunjukkan sinyal negatif. Meskipun demikian, stochastic mulai menunjukkan kondisi jenuh jual atau oversold.

"Di sisi lain, terlihat pola hammer candle yang mengindikasikan adanya potensi penguatan pada pergerakan IHSG sehingga kedepannya berpeluang menuju ke resistance terdekat," ujar dia dalam rekomendasinya.

Sementara itu nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) di pasar spot masih belum mampu bangkit alias melemah.

Dilansir dari data Bloomberg, pukul 09.24 WIB, rupiah berada di posisi Rp 14.612 per dollar AS turun 0,05 persen dibanding penutupan kemarin pada Rp 14.605 per dollar AS.

Baca juga: Awal Ramadhan, IHSG dan Rupiah Ditutup Melemah

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X