Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Survei BI Tunjukan Kegiatan Dunia Usaha Terus Membaik

Kompas.com - 14/04/2021, 15:34 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) melaporkan Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) mengindikasikan kegiatan dunia usaha membaik pada kuartal I-2021.

Membaiknya kegiatan dunia usaha terefleksikan dengan nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pada periode Januari-Maret 2021 sebesar 4,50 persen, membaik dari -3,90 persen pada triwulan IV-2020.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Erwin Haryono mengatakan, peningkatan itu didorong oleh kinerja sejumlah sektor yang telah positif antara lain sektor pertambangan dan penggalian, sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan dan perikanan, serta sektor industri pengolahan.

"Responden menyatakan bahwa peningkatan kinerja sektor pertambangan didorong oleh permintaan yang menguat," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (14/4/2021).

Baca juga: Cara Mendapatkan Diskon Tarif Listrik 50 Persen April-Juni 2021

"Sedangkan sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan, dan perikanan ditopang oleh musim panen raya pada komoditas tanaman bahan makanan (tabama)," tambahnya.

Sejalan dengan perkembangan kegiatan usaha, kapasitas produksi terpakai sebesar 73,38 persen pada triwulan I-2021.

Angka tersebut meningkat dari capaian pada triwulan sebelumnya sebesar 71,96 persen.

"Penggunaan tenaga kerja juga diindikasikan membaik meski masih dalam fase kontraksi, dengan kondisi keuangan dunia usaha dalam kondisi normal," ujar Erwin.

Lebih lanjut Erwin menyebutkan, pada kuartal II-2021, responden memprakirakan kegiatan usaha akan makin menguat dengan SBT sebesar 18,87 persen.

"Berdasarkan sektor ekonomi, peningkatan diprakirakan terjadi pada seluruh sektor ekonomi, terutama sektor industri pengolahan, sektor perdagangan, hotel dan restoran, serta sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan, dan perikanan," ucapnya.

Baca juga: Sandiaga Uno Perluas Dana Hibah Pariwisata, Angin Segar untuk Biro Perjalanan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com