Ombudsman Sebut Kilang Balongan Sudah Tiga Kali Terbakar

Kompas.com - 14/04/2021, 20:03 WIB
Seorang pengendara motor tampak sedang melintas di lokasi terbakarnya tangki minyak di Kilang Balongan. Akibat kebakaran ini  PT Pertamina (Persero) kehilangan 92.000 kl (kiloliter) minyak dari 4 tangki yang terbakar. KOMPAS.com/MOHAMAD UMAR ALWISeorang pengendara motor tampak sedang melintas di lokasi terbakarnya tangki minyak di Kilang Balongan. Akibat kebakaran ini PT Pertamina (Persero) kehilangan 92.000 kl (kiloliter) minyak dari 4 tangki yang terbakar.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ombudsman RI mengungkapkan, kilang minyak milik Pertamina yang berlokasi di Balongan, Indramayu, Jawa Barat sudah tiga kali mengalami kebakaran. Hal itu berdasarkan investigasi yang dilakukan lembaga pengawasan tersebut.

"Kilang minyak Balongan, Indramayu ini sudah 3 kali terbakar," ujar Anggota Ombudsman RI Hery Susanto dalam konferensi pers virtual, Rabu (14/4/2021).

Ia menjelaskan, kebakaran pertama terjadi pada Oktober 2007. Namun pada insiden tersebut, api tidak merusak fasilitas produksi dan hanya mengganggu fasilitas pembuangan limbah.

Kebakaran kedua terjadi pada 4 Januari 2019 pukul 09.40 WIB di kawasan Kilang Minyak Balongan. Insiden tersebut terjadi pada fasilitas pemasok gas milik PT Pertamina EP Aset 3 ke pengolahan minyak Kilang Balongan.

Ketiga, yang sekaligus insiden teranyar terjadi kebakaran dahsyat di Kilang Balongan pada 29 Maret 2021 pukul 00.45 WIB.

Baca juga: Diskon Tarif Listrik Dipangkas, Ini Langkah PLN Agar Pelanggan Tidak Kaget

Kebakaran terjadi setelah dipicu ledakan di tangki 42-T-301-G yang berisi pertalite. Kemudian api menyebar ke tanki 42-T-301-E, 42-T-301-F, 42-T-301H yang berada dalam satu klaster.

Ombudsman RI pun menyarankan Pertamina untuk segera menyelesaikan investigasi mengenai akar penyebab terjadinya kebakaran. Serta menyampaikannya secara transparan kepada publik sebagai bahan evaluasi dan perbaikan ke depan.

"Karena sudah tiga kali terbakar kilang minyak Pertamina ini, maka mestinya ini jangan sampai terjadi yang ke-empat ke depannya. Cukuplah yang ketiga kali ini," kata Hery.

Baca juga: Ombudsman Ungkap Kronologi Ledakan Kilang Balongan Versi Warga



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X