Gojek-Tokopedia Merger, Bos Gojek Andre Soelistyo Disebut Jadi Pemimpinnya

Kompas.com - 19/04/2021, 17:17 WIB
Ilustrasi logo Gojek dan Tokopedia Kompas.com/Wahyunanda KusumaIlustrasi logo Gojek dan Tokopedia

JAKARTA, KOMPAS.com - Co-Chief Executive Officer Gojek Andre Soelistyo bakal memimpin dua startup raksasa asal Indonesia, Gojek dan Tokopedia, setelah resmi bergabung (merger).

Mengutip Bloomberg, Senin (19/4/2021), pihak yang mengetahui masalah tersebut berkata, dua perusahaan rintisan di bidang ride-hailing dan e-commerce itu akan membentuk perusahaan induk bernama GoTo.

Nantinya, pemegang saham Gojek akan memiliki 58 persen kepemilikan. Sementara sisanya adalah milik pemegang saham Tokopedia.

Baca juga: Co-CEO Gojek Bakal Jadi Bos Perusahaan Hasil Merger dengan Tokopedia?

Menurut sumber yang tak ingin disebutkan namanya, perusahaan bertaruh pada Andre Soelistyo untuk menjaga pertumbuhan bisnis dengan menargetkan valuasi hingga 40 miliar dollar AS.

Tercatat, Andre telah mempelopori diversifikasi Gojek ke layanan konsumen dan mengawasi penggalangan dana lebih dari 5 miliar dollar AS dari para investornya, termasuk Google, Tencent Holdings Ltd., Astra International, KKR & Co., dan Warburg Pincus.

Setelah bergabung, aplikasi yang bernama GoTo ini bakal memiliki 3 unit bisnis, antara lain layanan transportasi online Gojek, cabang e-commerce Tokopedia, dan layanan keuangan digital dengan nama Dompet Karya Anak Bangsa (BKAB).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari tiga unit bisnis itu, William Tanuwijaya yang kini menjadi CEO Tokopedia akan mempimpin bisnis e-commerce setelah penggabungan.

Kevin Aluwi yang saat ini juga menjabat sebagai Co-CEO Gojek akan memimpin bisnis Gojek.

Baca juga: Visi Bisnis Gojek dan Tokopedia, Visi Anda Apa?

Sementara Andre Soelistyo akan mengepalai unit pembayaran dan layanan keuangan (DKAB).

Saat ini, Tokopedia dan Gojek masih dalam tahap final kerja sama yang digadang-gadang bakal menjadi perusahaan internet terbesar di Indonesia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.