Suntik Dana Ratusan Miliar Rupiah ke Sayurbox dan Halodoc, Ini Alasan Astra International

Kompas.com - 22/04/2021, 14:12 WIB
Menara Astra dok AstraMenara Astra

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra International Tbk (ASII) baru-baru ini telah menyuntikkan modalnya untuk dua perusahaan start-up, yaitu Sayurbox dan Halodoc.

Presiden Direktur Astra International Djony Bunarto Tjondro mengatakan, perusahaan menginvestasikan dana di dua start-up tersebut untuk meningkatkan laba perusahaan.

"Astra sudah serius dalam berbagai hal, termasuk salah satunya digitalisasi beberapa tahun terakhir ini. Jadi, digitalisasi di Astra tidak hanya investasi untuk mendapatkan pertumbuhan in organic, tetapi juga modernisasi yang kita lakukan," kata Djony dalam konfrensi pers virtual, Kamis (22/4/2021).

Baca juga: Astra International Suntik Dana Rp 580 Miliar ke Sayurbox dan Halodoc

"Upaya untuk memastikan pertumbuhan berkelanjutan di Astra dan tetap relevan. Kita melihat dua start-up ini, ya mungkin baru muncul beberapa tahun belakangan itu mempunyai satu misi dan satu komitmen yang baik," sambung dia.

Djony menambahkan, kedua platform tersebut memiliki prospek bisnis yang menguntungkan.

Halodoc, kata dia, merupakan platform kesehatan yang mempunyai satu misi untuk mengurangi ketimpangan akses layanan kesehatan di Indonesia.

"Satu bisnis cash yang sangat jelas dan mempunyai tujuan yang sangat baik. Kalau Sayurbox itu produce dari petani sehingga bisa sampai ke tangan pelanggan. Ini juga satu bisnis cash yang baik," jelasnya.

Jadi bagi perusahaan, selain modernisasi di lingkup internal secara organik, juga ingin lebih agresif melihat peluang-peluang secara in organic.

Baca juga: Permudah Akses Pembiayaan untuk Petani, AwanTunai Gandeng SayurBox

Termasuk terhadap sejumlah start-up yang berbasis teknologi.

Mengenai rencana investasi serupa, dirinya tak menampik akan melakukan lebih banyak penyaluran modal ke bisnis-bisnis digital.

Tentu saja, ASII melihat bisnis yang saat ini lagi berkembang di tengah pandemi Covid-19.

"Dengan adanya pandemi, kita melihat bahwa misalnya layanan kesehatan menjadi salah satu sektor pertumbuhan yang baik. Kemudian, e-commerce tentu saja. Lalu, ada beberapa sektor yang lain yang tentunya akan kita selalu kaji. Karena kita punya tim khusus untuk mengkaji ini," kata Djony.

Baca juga: Ini Cara Dapat Promo Konsultasi Halodoc Rp 5.000 Per Sesi

Sebelumnya, dalam laporan kinerja perusahaan kuartal I-2021, Astra International pada bulan Maret dan April telah menyalurkan modal ke Sayurbox dan Halodoc.

Total investasinya senilai Rp 580 miliar, yang masing-masing menerima suntikan dana 5 juta dollar AS untuk Sayurbox dan 35 juta dollar AS untuk Halodoc.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X