Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Kerumunan Tanah Abang, Ini Rute dan Jam Operasi KRL Terbaru

Kompas.com - 02/05/2021, 21:12 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - KAI Commuter menerapkan rekayasa operasional KRL untuk mencegah kerumuman di area Pasar Tanah Abang, termasuk di Stasiun Tanah Abang.

Pasalnya, situasi Stasiun Tanah Abang pada Minggu (2/5/2021) kembali ramai dan terus berulang sejak beberapa hari terakhir.

Sebagaimana Sabtu (1/5/2021) kemarin, situasi Stasiun Tanah Abang ramai didatangi para pengguna KRL musiman yang hendak menuju dan dari Pasar Tanah Abang.

Baca juga: Mulai 25 Maret, 10 Stasiun KRL Ini Tak Layani Tiket Harian Berjaminan

Hari ini saja, KAI Commuter mencatat penguna KRL yang masuk di Stasiun Tanah Abang untuk mengggunakan KRL hingga pukul 17.00 WIB tercatat 37.349 pengguna.

Karena itu, pihaknya menerapkan kebijakan baru sebagai antisipasi penyebaran Covid-19 dari adanya kepadatan di kawasan Tanah Abang menjelang masa larangan mudik dan libur Hari Raya Idul Fitri.

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, menegaskan, mulai Senin 3 Mei 2021 Stasiun Tanah Abang tidak melayani naik turun pengguna KRL pada pukul 15:00 - 19:00 WIB.

Kebijakan ini diambil usai kunjungan dari Gubernur DKI Jakarta, Kapolda Metro Jaya, dan Pangdam Jaya ke kawasan Tanah Abang pada Minggu 2 Mei 2021.

Baca juga: Awas Ngabuburit di Rel Kereta, Berbahaya dan Bisa Didenda Rp 15 Juta

“Dengan mempertimbangkan potensi kepadatan masyarakat yang hendak kembali ke daerah asalnya menggunakan KRL Commuter Line usai beraktivitas di kawasan Tanah Abang, maka pada sore hari Stasiun Tanah Abang sementara tidak melayani naik turun pengguna KRL,” kata Anne Purba dalam keterangannya, Minggu (2/5/2021).

Dengan kebijakan tersebut maka mulai Senin 3 Mei 2021 setiap pukul 15:00 - 19:00, rute dan jam operasi KRL berjalan sebagaimana berikut:

  1. KRL Lintas Rangkasbitung/Parungpanjang/Serpong - Tanahabang PP perjalannya hanya sampai dan berawal dari Stasiun Palmerah.
  2. KRL Lintas Bogor/Depok/Nambo - Angke/Jatinegara PP tidak berhenti di Stasiun Tanah Abang. Pengguna di lintas tersebut tetap dapat naik/turun menggunakan alternatif Stasiun Karet, Stasiun Duri, dan Stasiun Angke.

Baca juga: Larangan Mudik Belum Berlaku, Ini Cara Bepergian Naik Kereta

“Di luar waktu-waktu dan lintasan KRL tersebut, layanan KRL tetap berlangsung normal sebagaimana biasa,” imbuh Anne.

KAI Commuter akan mengumumkan perubahan ini di seluruh stasiun dan rangkaian KRL. Di stasiun-stasiun yang menjadi alternatif pengguna untuk naik/turun, KAI Commuter selanjutnya juga akan menambah jumlah petugas.

Hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi peningkatan jumlah pengguna. Evaluasi juga akan terus dilakukan berkala mengenai perubahan layanan ini.

Baca juga: Jadwal dan Harga Tiket KA Bandara Kualanamu Medan 2021

“Pada masa pandemi ini, KAI Commuter tetap menjalankan protokol kesehatan sesuai aturan yang berlaku. Mulai dari penerapan penggunaan masker kain 3 lapis atau masker kesehatan hingga penerapan jaga jarak antar pengguna baik di area stasiun maupun di dalam perjalanan KRL,” urainya.

Untuk pemenuhan jaga jarak aman sesama pengguna, KAI Commuter melakukan penyekatan pengguna KRL yang akan masuk ke area stasiun.

Dalam menjalankan protokol kesehatan, pengguna KRL juga wajib mengikuti pengukuran suhu tubuh dan diimbau mencuci tangan sebelum maupun sesudah naik KRL.

Baca juga: Sebelum Mudik Dilarang, Tiket Kereta sampai 5 Mei Sudah Bisa Dibeli

“KAI Commuter juga mengimbau kepada seluruh pengguna KRL untuk selalu mengikuti informasi dan arahan dari petugas. Gunakan aplikasi Aplikasi KRL Access untuk memantau kepadatan stasiun, jadwal perjalanan KRL dan posisi KRL secara real time,” tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com