KPPU: Harga Daging Ayam dan Sapi Naik karena Masalah Ketersediaan Pasokan

Kompas.com - 06/05/2021, 18:59 WIB
Pedagang ayam di pasar Sei Sikambing mengatakan dia harus mendatangkan ayam dari Pekanbaru karena kurangnya pasokan ayam di Medan. Harga ayam saat ini sebanyak Rp 40.000 - Rp 42.000 per kg. KOMPAS.COM/DEWANTOROPedagang ayam di pasar Sei Sikambing mengatakan dia harus mendatangkan ayam dari Pekanbaru karena kurangnya pasokan ayam di Medan. Harga ayam saat ini sebanyak Rp 40.000 - Rp 42.000 per kg.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga daging ayam dan daging sapi merangkak naik jelang Lebaran di Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten. 

Kepala Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kanwil III Kota Bandung Aru Armando menyebutkan kenaikan harga daging ayam dan daging sapi di sebabkan persoalan ketersediaan pasokan.

"Kami lihat memang harga daging ayam dan daging sapi naik stabil tinggi. Itu penyebabnya karena persoalan ketersediaan pasokan, harga sudah mahal dari dulunya seperti sapi Australia, lalu rantai pasoknya juga cukup panjang," ujarnya dalam jumpa pers virtual KPPU, Kamis (6/5/2021).

Baca juga: Ekonomi Inggris Diproyeksi Bisa Tumbuh Lebih dari 7 Persen Tahun Ini

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, Kamis (6/5/2021),
harga daging ayam di Jakarta mencapai Rp 39.650 per kg, naik dari dari Rp 37.600 per kilogram pada 26 April 2021.

Sementara harga produk daging sapi mencapai Rp 140.000 per kilogram per tanggal 3 Mei 2021, naik dari Rp 136.650 per kilogram pada 26 April 2021.

Meskipun demikian, KPPU menilai belum menemukan adanya indikasi pelanggaran.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Aru mengatakan, pihaknya akan terus memantau terkait harga daging ayam dan sapi agar bisa meminimalisasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kita masih terus pantau ke depannya, daging sapi masih tetap naik stabil tinggi dan daging ayam malah relatif turun," ungkap dia.

Baca juga: Masih Banyak Warga Nekat Mudik, Pemerintah Diminta Antisipasi



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X