Helikopter Polisi Dikerahkan Angkut Material Listrik

Kompas.com - 12/05/2021, 11:45 WIB
Helikopter Polda Kepulauan Bangka Belitung sebelum take off menuju Belitung untuk mengangkut material MPP. KOMPAS.COM/HERU DAHNURHelikopter Polda Kepulauan Bangka Belitung sebelum take off menuju Belitung untuk mengangkut material MPP.

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Helikopter milik Polda Kepulauan Bangka Belitung dikerahkan untuk mengangkut material pembangkit listrik Mobile Power Plant (MPP) dari Belitung menuju Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

Distribusi material MPP mendesak dilakukan setelah petugas lapangan menemukan adanya gangguan pembangkit di sistem Bangka.

"Kami bersinergi dengan Polda Babel untuk mengangkut material MPP yaitu modul card, yang ada di Belitung. Karena sifatnya segera dan membutuhkan penanganan secepat mungkin, maka dipilih helikopter sebagai moda transportasinya," kata General Manager PLN Babel, Amris Adnan, Senin (10/5/2021).

Baca juga: Beban Puncak Listrik Naik Saat Lebaran, PLN Pastikan Pasokan Aman

Mobilisasi secara cepat dilakukan demi menjaga keandalan pasokan listrik khususnya menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H.

Pihak PLN juga memerkirakan tak cukup waktu jika memberangkatkan petugas dan materiaL menggunakan angkutan komersial karena adanya pembatasan perjalanan. 

"Mengingat larangan mudik sudah diberlakukan dan jadwal penerbangan sudah mengalami pengaturan, sehingga tidak ada lagi pesawat dari Belitung ke Bangka, maka Polda menawarkan solusi untuk menjemput sparepart menggunakan heli," ujar Amris.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pilot Heli Polda Babel, Ali Harahap mengatakan, perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit dari Pangkalpinang dengan titik pengambilan barang di Belitung.

Baca juga: Beban Listrik Jawa-Bali Mulai Naik, Tanda Ekonomi Bangkit Kembali

"Diperkirakan dalam waktu tiga jam proses pengangkutan material dapat terselesaikan," ujar Ali.

Satu unit MPP mengalami gangguan pada alat komunikasi. Dengan material tersebut diharapkan gangguan dapat segera teratasi untuk membackup suplai listrik di Bangka. 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X