Sepanjang Ramadhan, Transaksi Zakat Maal dan Donasi di Tokopedia Tembus Rp 3 Miliar

Kompas.com - 12/05/2021, 10:24 WIB
Tokopedia Dok. TokopediaTokopedia

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform belanja daring (e-commerce) Tokopedia melaporkan, transaksi zakat maal dan donasi meningkat selama momen Ramadhan.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, nilai transaksi zakat maal meningkat hampir 3x lipat selama Ramadhan kali ini.

Sementara itu, jumlah transaksi donasi meningkat lebih dari 3x lipat jika dibandingkan dengan periode sebelum Ramadan.

Baca juga: Tokopedia Luncurkan Fitur Wakaf Uang, Nominal Terkecil Rp 10.000

"Selama bulan Ramadan 2021, nilai transaksi Donasi dan Zakat Maal di Tokopedia telah mencapai lebih dari Rp 3 miliar," kata Ekhel dalam siaran pers, Rabu (12/5/2021).

Ekhel menuturkan, naiknya nilai transaksi zakat maal dan donasi itu sedikit banyak dipengaruhi oleh kolaborasi yang dijalani.

Asal tahu saja, Tokopedia menjalin kolaborasi dengan beberapa lembaga untuk mempermudah pengguna menyalurkan zakat hingga donasi melalui Tokopedia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Donasi dari pengguna Tokopedia ini secara berkala disalurkan kepada sesama yang membutuhkan oleh berbagai lembaga terpercaya yang terhubung dengan platform kami," ucap Ekhel.

Adapun fitur zakat maal dan donasi bisa ditemukan di Tokopedia Salam. Beberapa fitur lainnya, antara lain fitur Fidyah, Kotak Amal, Qurban, hingga Wakaf Uang. Kemudian ada fitur Al-Qur’an Digital dan Jadwal Sholat.

Tercatat sejak pertama kali diluncurkan, pengguna aktif bulanan Jadwal Sholat di Tokopedia meningkat hampir 12 kali lipat.

"Sedangkan pengguna aktif bulanan Al-Quran Digital melonjak lebih dari 35x lipat,” pungkas Ekhel.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X