[KURASI KOMPASIANA] Cicipi 3 Hidangan Lebaran Anti-Mainstream dari Berbagai Daerah Nusantara

Kompas.com - 15/05/2021, 18:46 WIB
Ilustrasi ayam woku goreng. SHUTTERSTOCK/FANFOIlustrasi ayam woku goreng.

KOMPASIANA---Momen Idul Fitri tak hanya sebagai ajang silaturahmi, tetapi juga identik dengan hidangan khas yang jadi menu santapan bersama dengan anggota keluarga.

Ketupat yang ditemani dengan opor ayam dan sambal goreng hati biasanya jadi menu wajib yang selalu hadir dalam perayaan Idul Fitri.

Namun, di beberapa daerah di Indonesia, selain menu di atas ada juga beberapa hidangan khas yang juga jadi sajian saat lebaran tiba.

Bagi Anda yang bosan dengan menu lebaran yang itu-itu saja, berikut konten-konten di Kompasiana seputar hidangan lebaran anti-mainstrem yang bisa Anda coba:

1. Topak Ladheh, Hidangan Lebaran yang Tidak Ada di Pasaran

Kompasianer Budi Susilo dalam artikelnya tak segan berbagi cerita dan resep hidangan khas yang disajikan keluarganya saat momen lebaran, yaitu Topak Ladheh

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Topak Ladheh berasal dari kata "Topak" yang berarti ketupat dan "Ladheh" yakni sejenis kuah daging. Hidangan ini termasuk yang jarang ada di pasaran.

Proses pembuatan tergolong cukup rumit karena melibatkan segala macam bahan bumbu. Namun, seni mengolah itulah yang membuat Topak Ladheh jadi hidangan yang sangat mengunggah selera. (Baca selengkapnya)

2. Resep dan Cara Membuat Ayam Woku sebagai Menu Lebaran

Pada hari-hari besar di Sulawesi Utara, termasuk saat Lebaran dan Natal, ayam woku hadir sebagai salah satu menu yang selalu ada selain opor ayam dan sambal goreng hati.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X