KILAS

Berkat Embung, Stok Pangan di Desa Pandulangan, Hulu Sungai Aman dan Terjaga Selama Lebaran

Kompas.com - 18/05/2021, 19:54 WIB
Program pembangunan embung yang dikerjakan Kementan di Desa Pandulangan, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan.
DOK. Humas KementanProgram pembangunan embung yang dikerjakan Kementan di Desa Pandulangan, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan.

KOMPAS.com – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, embung merupakan salah satu program yang terus dikerjakan Kementerian Pertanian (Kementan) karena menjadi faktor penting dalam menjaga stabilitas pertanian.

Dia menyebut, embung akan menjaga kualitas pertanian karena mampu membuat lahan terjaga dalam segala situasi dan kondisi.

"Pertanian itu tak boleh terganggu oleh apa pun. Pasokan stok pangan masyarakat tak boleh terganggu," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (18/5/2021).

Menurutnya, salah satu problematika pertanian adalah pengairan baik di musim hujan maupun musim kemarau.

Baca juga: Bantu Peternak Layer di Blitar dan Kendal, Kementan Fasilitasi Biaya Distribusi Jagung

Untuk mengatasi masalah itu, Kementan melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) tengah memprioritaskan pembangunan dan rehabilitasi embung sebagai sarana pengairan pertanian di beberapa wilayah.

Salah satu program yang diusung dilaksanakan di Desa Pandulangan, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di desa itu, embung dibangun dengan dimensi panjang 15 meter (m), lebar 15 m dan kedalaman 2,35 m. Embung ini pun berkontribusi bagi pengaturan pengairan lahan persawahan milik petani.

Melalui ketersediaan air yang cukup, produktivitas pertanian dapat terjaga dengan baik. Hal itu berpengaruh pada penyediaan stok pangan masyarakat yang tetap terjaga dengan baik.

Hasilnya terlihat pada momen Idul Fitri 1442 Hijriah di mana sebelum dan sesudah Lebaran stok pangan tetap stabil.

Baca juga: Realisasikan Janji Presiden Jokowi, Kementan Salurkan Bantuan Hand Tractor ke Sumba Tengah

“Melalui embung, pasokan air ke areal persawahan petani akan diatur dengan baik. Debitnya bisa dipasok sesuai keperluan,” jelas SYL.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.