Bank Mandiri Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini 4,4 Persen

Kompas.com - 19/05/2021, 20:39 WIB
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi THINKSTOCKSIlustrasi pertumbuhan ekonomi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk memproyeksikan, pada tahun perekonomian nasional akan kembali tumbuh positif. Meskipun demikian, pertumbuhan ekonomi diprediksi tidak setinggi proyeksi pemerintah, yakni pada kisaran 5 persen.

Sepanjang tahun 2021, Bank Mandiri memproyeksikan pertumbuhan ekonomi nasional hanya sebesar 4,4 persen, dengan asumsi pengendalian penyebaran Covid-19 yang baik.

"Keseluruhan tahun ini kami memperkirakan ekonomi masih dapat tumbuh di 4,4 persen. Tentunya ini on the back asumsi pengendalian Covid-19 nya ini tetap bisa di push jangan sampai kehilangan kendali," kata Head of Macroeconomic & Market Research Bank Mandiri, Dian Ayu Yustina, Media Gathering Virtual Economic Outlook & Industri Kuartal II 2021, Rabu (19/5/2021).

Baca juga: Ekonomi Indonesia Minus 2,07 Persen, Rekor Terendah Sejak 1998

Walaupun pada kuartal pertama tahun ini pertumbuhan ekonomi masih terkontraksi, tren pemulihan menuju pertumbuhan ekonomi yang positif dinilai sudah akan terlihat pada periode April-Juni 2021.

Chief Economist Bank Mandiri Andry Asmoro mengatakan, dengan mulai membaiknya berbagai indikator perekonomian pihaknya memprediksikan pada kuartal II-2021 perekonomian RI akan tumbuh pada kisaran 6 persen.

"Dengan berbagai perkembangan terakhir, kami memperkirakan pertumbuhan ekonomi akan positif di triwulan II di atas 6 persen," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo meminta jajarannya bekerja keras untuk memulihkan perekonomian nasional di tahun 2021. Ia ingin ekonomi tahun ini tumbuh positif meski masih dalam situasi pandemi Covid-19.

"Saya ingin menegaskan bahwa tahun 2021 adalah tahun pemulihan, target growth yang ada di APBN yang tadi saya sampaikan 5 persen itu harus betul-betul tercapai," kata Jokowi saat membuka rapat kerja nasional Kementerian Perdagangan tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (4/3/2021).

Baca juga: Morgan Stanley Revisi Ekonomi Indonesia 2021 Jadi Hanya 4,5 Persen



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.