Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini 4,4 Persen

Kompas.com - 19/05/2021, 20:39 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk memproyeksikan, pada tahun perekonomian nasional akan kembali tumbuh positif. Meskipun demikian, pertumbuhan ekonomi diprediksi tidak setinggi proyeksi pemerintah, yakni pada kisaran 5 persen.

Sepanjang tahun 2021, Bank Mandiri memproyeksikan pertumbuhan ekonomi nasional hanya sebesar 4,4 persen, dengan asumsi pengendalian penyebaran Covid-19 yang baik.

"Keseluruhan tahun ini kami memperkirakan ekonomi masih dapat tumbuh di 4,4 persen. Tentunya ini on the back asumsi pengendalian Covid-19 nya ini tetap bisa di push jangan sampai kehilangan kendali," kata Head of Macroeconomic & Market Research Bank Mandiri, Dian Ayu Yustina, Media Gathering Virtual Economic Outlook & Industri Kuartal II 2021, Rabu (19/5/2021).

Baca juga: Ekonomi Indonesia Minus 2,07 Persen, Rekor Terendah Sejak 1998

Walaupun pada kuartal pertama tahun ini pertumbuhan ekonomi masih terkontraksi, tren pemulihan menuju pertumbuhan ekonomi yang positif dinilai sudah akan terlihat pada periode April-Juni 2021.

Chief Economist Bank Mandiri Andry Asmoro mengatakan, dengan mulai membaiknya berbagai indikator perekonomian pihaknya memprediksikan pada kuartal II-2021 perekonomian RI akan tumbuh pada kisaran 6 persen.

"Dengan berbagai perkembangan terakhir, kami memperkirakan pertumbuhan ekonomi akan positif di triwulan II di atas 6 persen," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo meminta jajarannya bekerja keras untuk memulihkan perekonomian nasional di tahun 2021. Ia ingin ekonomi tahun ini tumbuh positif meski masih dalam situasi pandemi Covid-19.

"Saya ingin menegaskan bahwa tahun 2021 adalah tahun pemulihan, target growth yang ada di APBN yang tadi saya sampaikan 5 persen itu harus betul-betul tercapai," kata Jokowi saat membuka rapat kerja nasional Kementerian Perdagangan tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (4/3/2021).

Baca juga: Morgan Stanley Revisi Ekonomi Indonesia 2021 Jadi Hanya 4,5 Persen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com