Mulai Besok, MRT Jakarta Bakal Beroperasi Sampai Pukul 21.30 WIB

Kompas.com - 23/05/2021, 13:37 WIB
Warga membawa sepeda non-lipat masuk di gerbong kereta MRT, Jakarta Selatan, Kamis (25/3/2021). Sepeda non-lipat diperbolehkan masuk MRT pada jam khusus yaitu Senin-Jumat, dengan pengecualian jam sibuk pukul 07.00-09.00 WIB dan pukul 17.00-19.00 WIB. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOWarga membawa sepeda non-lipat masuk di gerbong kereta MRT, Jakarta Selatan, Kamis (25/3/2021). Sepeda non-lipat diperbolehkan masuk MRT pada jam khusus yaitu Senin-Jumat, dengan pengecualian jam sibuk pukul 07.00-09.00 WIB dan pukul 17.00-19.00 WIB.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta melakukan perubahan jadwal operasional sebagai tindak lanjut upaya pencegahan penyebaran Covid-19 pada sektor transportasi umum di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berskala mikro.

"MRT Jakarta kembali melakukan perubahan waktu operasional yang akan diberlakukan mulai Senin, 24 Mei 2021," ujar Plt Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta Ahmad Pratomo dalam keterangan tertulis, Minggu (23/5/2021).

Dengan demikian, mulai besok jam operasional MRT Jakarta pada hari kerja atau Senin-Jumat menjadi mulai pukul 05.00 WIB-21.30 WIB.

Baca juga: Libur Lebaran Usai, Jadwal Operasional MRT Jakarta Kembali Normal

Sementara pada Sabtu-Minggu atau akhir pekan dan hari libur MRT Jakarta beroperasi mulai pukul 06.00 WIB-21.00 WIB.

Lalu jarak antar-kereta atau headway pada hari kerja (weekdays) ditetapkan setiap 5 menit untuk jam sibuk yakni sepanjang pukul 07.00 WIB-09.00 WIB dan 17.00 WIB-19.00 WIB.

Namun headway pada hari kerja menjadi setiap 10 menit di luar jam sibuk. Begitu pula pada akhir pekan (weekend) dan hari libur jarak antar kereta setiap 10 menit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Serta pembatasan jumlah pengguna 70 orang per kereta (gerbong)," kata Ahmad.

Menurutnya, waktu operasional MRT Jakarta merupakan tindak lanjut dari Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor 196 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Petunjuk Teknis Pembatasan Kapasitas Angkut Dan Waktu Operasional Sarana Transportasi Dalam Rangka Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro.

Baca juga: LRT dan MRT di 5 Kota Segera Dibangun, Bukan dari APBN atau Utang

Ahmad memastikan, MRT Jakarta sebagai layanan publik akan terus berupaya untuk memberikan keamanan dan kenyamanan. Ia pun mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan di lingkungan MRT Jakarta.

"Seperti kewajiban memakai masker, menjaga jarak antar pengguna, dan rajin mencuci tangan. Serta tidak berbicara, baik satu atau dua arah, selama di dalam kereta dan area peron stasiun," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.