Kompas.com - 29/05/2021, 08:34 WIB
Abdee Slank menghadiri jumpa pers untuk konser HUT ke-35 Slank yang bertajuk Indonesia Now di Sallo Innyan di kawasan Tebet Timur,  Jakarta Selatan,  Selasa, (16/10/2018). Kompas.com/Tri Susanto SetiawanAbdee Slank menghadiri jumpa pers untuk konser HUT ke-35 Slank yang bertajuk Indonesia Now di Sallo Innyan di kawasan Tebet Timur,  Jakarta Selatan,  Selasa, (16/10/2018).
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Abdi Negara Nurdin diangkat sebagai Komisaris PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM). Hal itu berlandaskan pada hasil keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Telkom pada Jumat (28/5/2021).

Abdi Negara Nurdin selama ini lebih dikenal sebagai seorang gitaris band Slank. Ia pun lebih kerap disebut dengan nama panggilan Abdee Slank.

Lalu sebenarnya, apa tugas Abdee Slank sebagai Komisaris Telkom?

Tugas Abdee Slank sebagai Komisaris sebenarnya telah tetruang dalam Undang-Undang (UU) Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Baca juga: Erick Thohir Copot Ganti Dua DIrektur PT PNM

Di dalam Pasal 1 beleid tersebut dijelaskan, Dewan Komisaris adalah organ perseroan yang bertugas melakukan pengawasan secara umum dan atau khusus sesuai dengan anggaran dasar serta memberi nasihat kepada direksi.

Pasal 108 aturan tersebut pun lebih merinci mengenai tugas dari anggota dewan komisaris, yakni melakukan pengawasan atas kebijakan pengurusan, jalannya pengurusan pada umumnya, baik mengenai perseroan mauapun usaha perseroan dan memberi nasihay kepada direksi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengawasan dan peberian nasihat tersebut dilakukan untuk kepentingan perusahaan dan sesuai dengan maksud dan tujuan perusahaan.

Pengangkatan Abdee Slank sebagai komisaris bersamaan dengan ditunjuknya Mantan menteri riset dan teknologi Bambang Brodjonegoro sebagai Komisaris Utama Telkom.

Selain Abdee, hasil RUPS Tahunan juga mengangkat Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata dan Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga sebagai Komisaris Telkom.

Abdee Slank selain menjabat sebagai Komisaris Telkom juga tercatat menduduki jabatan di beberapa perusahaan. Sebut saja jabatan Komisaris PT Sugih Reksa Indotama sejak tahun 2020 dan Komisaris PT Negara Sains Ekosistem sejak tahun 2021. Abdee juga tercatat sebagai Co-Founder dan Founder di PT Hijau Multi Kreatif, Maleo Music, dan Give.ID.

Baca juga: Abdee Slank, Pendukung Jokowi yang Diangkat Jadi Komisaris Telkom

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X