Erick Thohir Targetkan BUMN Setor Dividen Rp 35 Triliun Tahun Ini

Kompas.com - 16/06/2021, 07:07 WIB
Erick Thohir Dok PLNErick Thohir
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri BUMN Erick Thohir menargetkan perusahaan pelat merah menyetorkan dividen Rp 35 triliun pada tahun ini. Jumlah tersebut lebih tinggi dari tahun lalu yang hanya Rp 26 triliun.

"Insyaallah tahun ini ada peningkatan (dividen) akan di angka Rp 35 triliun,” jelas Erick secara virtual, Selasa (15/6/2021).

Erick mengungkapkan, tahun lalu ia menargetkan setoran dividen ke negara sebesar Rp 40 triliun. Namun akibat pandemi Covid-19, target tersebut tak tercapai.

Ia mengtakan, BUMN akan kerja keras agar setoran dividen ke negara bisa sama seperti 2019 pada 2022.

Baca juga: K-24 Indonesia Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA hingga S1

Untuk mencapai target dividen tersebut, Erick menilai harus ada perbaikan dari internal BUMN. Mulai dari SDM-nya hingga proses bisnisnya sehingga bisa memberikan dividen sebanyak-banyaknya pada negara.

“kami ingin bagaimana perbaikan di BUMN berdasarkan human capital yang baik, bisnis yang baik, sehingga targetnya kembali kami bisa memberikan dividen sebanyak-banyaknya kepada negara,” ujar dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari sisi SDM, saat ini Kementerian BUMN terlah menghadirkan program peningkatan kapasitas SDM guna penguatan sisi pengetahuan bisnis, hingga manajemen risiko.

Dari sisi bisnis, BUMN diminta untuk melakukan restrukturisasi model bisnis melalui inovasi bisnis model.

Baca juga: Himbara Batalkan Rencana Pengenaan Tarif ATM Link, KKI Cabut Laporan di KPPU

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.