Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Pelamar CPNS 2021 Wajib Membuat Surat Pernyataan Berikut

Kompas.com - 17/06/2021, 18:21 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Pendaftaran CPNS 2021 yang segera dibuka dalam waktu dekat mewajibkan para calon pelamar untuk membuat sebuah surat pernyataan.

Kewajiban tersebut diumumkan melalui akun media sosial resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada Kamis (17/6/2021). Informasi yang diunggah tersebut dibumbui dengan pengantar beberapa kalimat menarik.

“#SobatBKN, memilih instansi saat mendaftar CPNS seperti memilih jodoh. Timbang sana timbang sini perlu kalian lakukan, sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan melamar formasi apa,” tulis Facebook BKN, dalam sebuah unggahannya, Kamis.

Baca juga: Siap-siap, Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Dibuka Sebelum 30 Juni 2021

BKN melanjutkan keterangannya, jangan biarkan cinta para pelamar hadir dengan sepenuh jiwa di awal-awal saja, lalu patah tak berarah setelahnya.

Karenanya, BKN meminta agar pelamar menghitung segala risiko, agar ketika pun nanti ada sedikit kecewa, gula-gula manis pemantik cinta di awal memilih bisa menjadi penawarnya.

“Ingat pesan Mimin ini. Karena kinerja maksimal hanya bs disajikan jika ada cinta sepenuh hati pada pekerjaan yg kalian lakukan. Dan.... dlm episode rekrutmen CASN ini bs dapat sanksi lho jika kalian mangkir dari komitmen mengabdi pada instansi sesuai dg surat pernyataan yg kalian buat,” tulis BKN.

Adapun pengumuman kewajiban membuat surat pernyataan ditampilkan dalam sebuah gambar yang diunggah bersamaan dengan pengantar yang cukup menarik tersebut.

“Pelamar wajib membuat surat pernyataan bersedia mengabdi pada Instansi Pemerintah yang bersangkutan saat melamar dan tidak mengajukan pindah dengan alasan pribadi paling singkat 10 tahun sejak diangkat sebagai PNS,” tulis BKN.

Baca juga: Cek Syarat Daftar CPNS 2021 Jalur Khusus untuk Penyandang Disabilitas

“Dalam hal pelamar sudah dinyatakan lulus oleh PPK, tetap mengajukan pindah, yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri,” sambungnya,

Perlu diingat, teka-teki kapan pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK 2021 dibuka mulai menemui titik terang seiring adanya update informasi dari BKN.

BKN telah memastikan rekrutmen calon ASN yang meliputi seleksi CPNS, PPPK Non Guru, dan PPPK Guru, akan dibuka pada akhir Juni 2021.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan bahwa pengumuman pendaftaran CPNS 2021 akan digelar secara bersamaan dengan seleksi PPPK Non Guru dan PPPK Guru 2021.

"Rencananya berbarengan akhir Juni," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (16/6/2021) lalu, ketika ditanya mengenai jadwal pendaftaran CPNS 2021.

Kendati tanggal pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 belum diumumkan secara resmi, namun pelaksanaan rekrutmen tersebut diperkirakan akan berlangsung sebelum tanggal 30 Juni 2021.

"Mudah-mudahan sebelum itu (tanggal 30 Juni)," ucapnya, ketika menyampaikan perkiraan periode pembukaan pendaftaran CPNS 2021.

Baca juga: Tes CPNS 2021 Buka Jalur Khusus Cumlaude dan Diaspora, Cek Syaratnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com