KILAS

Kemenaker Kembali Sosialisasikan Talent Corner di Sumatera Barat

Kompas.com - 20/06/2021, 20:36 WIB
Plt Direktur Bina Standardisasi Kompetensi dan Program Pelatihan Binalavotas Kemnaker Muchtar Aziz saat membuka Focus Group Discussion (FGD) Pemetaan Potensi Kebutuhan Talenta Muda dan Talent Talks di BLK Padang, Sumatera Barat, Jumat (18/6/2021). Dok. Humas KemnakerPlt Direktur Bina Standardisasi Kompetensi dan Program Pelatihan Binalavotas Kemnaker Muchtar Aziz saat membuka Focus Group Discussion (FGD) Pemetaan Potensi Kebutuhan Talenta Muda dan Talent Talks di BLK Padang, Sumatera Barat, Jumat (18/6/2021).

KOMPAS.com – Demi meningkatkan peran talenta muda dalam pembangunan ekonomi digital, Kementrian Ketenagakerjaan (Kemenaker) kembali menghadirkan program Talent Corner di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Program tersebut menghadirkan dua kegiatan, yakni Talent Talks dan focus group discussion (FGD) bertajuk "Pemetaan Potensi Kebutuhan Talenta Muda". Kedua kegiatan ini digelar di Balai Latihan Kerja (BLK) Padang pada 17-18 Juni 2021.

Adapun masing-masing kegiatan diikuti oleh 30 orang yang mewakili pemerintah daerah, akademisi, komunitas, industri dan media di wilayah Padang.

Pelaksana Tugas Direktur Bina Standarisasi Kompetensi dan Program Pelatihan Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kemenaker Muchtar Aziz menyebut, melalui program tersebut, para pemuda nantinya akan diberi pembekalan sebelum dipetakan dan dikaryakan.

"Berbagai tahapan komprehensif perlu dilakukan dalam pemetaan talenta, pengembangan skill, dan matchmaking yang mempertemukan talenta muda dengan komunitas serta jaringan profesional agar dapat berkolaborasi bersama," kata Muchtar dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (20/6/2021).

Baca juga: Kemenaker: Komitmen BLK Komunitas, Tingkatkan Kompetensi SDM Indonesia

Muchtar menyebut, setidaknya terdapat beberapa tahapan yang perlu dilakukan untuk mengembangkan para talenta muda, yakni identifikasi minat, peningkatan kompetensi, dan keterampilan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pada saat ini, kompetensi dan fleksibilitas kerja menjadi poin utama. Tenaga kerja juga dituntut untuk menguasai perkembangan teknologi dengan soft skills yang memadai. Selain itu, kreativitas, inovasi, dan kewirausahaan akan menjadi poin penting bagi perkembangan dunia usaha, khususnya di dunia digital ke depannya,” imbuh Muchtar.

Melalui program Talent Corner, Muchtar berharap, tingkat pengangguran dari kalangan muda di wilayah Sumbar dapat menurun signifikan.

Adapun kegiatan tersebut turut didukung oleh Talent Hub Kemenaker selaku platform sistem informasi ketenagakerjaan.

“Talent Hub merupakan salah satu platform sistem informasi ketenagakerjaan untuk mendukung peningkatan produktivitas bagi talenta-talenta muda yang kreatif,” jelasnya.

Baca juga: Kemenaker Gandeng IWIP untuk Tingkatkan Kompetensi SDM Indonesia Timur

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.