Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/06/2021, 17:04 WIB
Muhammad Idris

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Deposit adalah istilah yang barangkali sudah tak asing lagi di telinga. Apa itu deposit?

Dikutip dari Investopedia, deposit artinya penempatan dana sebagai jaminan di bank atau pihak lainnya. Dana deposit lazimnya berbentuk persentase yang harus dibayarkan sebelum transaksi dilakukan.

Transaksi yang seringkali membutuhkan deposit adalah transfer uang, pembelian, pengiriman barang, pengerjaan proyek, lelang, dan aktivitas lainnya yang diatur dalam kontrak. Deposit kategori ini seringkali disebut sebagai deposit jaminan.

Sebagai contoh, seorang ingin membeli barang dalam partai besar pada sebuah perusahaan supplier. Pembeli diharuskan membayar deposit sebesar separuh harga pembelian atau persentase lain yang disepakati.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Reksadana

Dalam kasus ini, deposit adalah dianggap sebagai sebagai bentuk itikad baik. Uang jaminan ini biasanya tak bisa dikembalikan apabila pembeli melakukan pembatalan, atau dalam kasus lainnya hanya bisa dikembalian sebagian saja. 

Dalam istilah lainnya, deposit artinya simpanan di bank. Dengan kata lain, uang yang disimpan masih menjadi milik orang atau entitas, sehingga mereka masih bisa menarik dana tersebut kapan saja, mentransfer ke rekening lain, atau bahkan menggunakannya untuk membeli suatu barang.

Dalam perbankan, deposit adalah biasanya dipakai ketika seseorang harus menyetor sejumlah uang untuk membuka rekening bank baru, yang dikenal dengan setoran minimum.

Baca juga: Pengertian Deposito, Tingkat Bunga, Keuntungan, dan Kelemahannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com