Kompas.com - 21/06/2021, 13:32 WIB
Meteran listrik. tagihan listrik setiap tanggal berapa? KOMPAS.com/SRI LESTARIMeteran listrik. tagihan listrik setiap tanggal berapa?

JAKARTA, KOMPAS.com - Barangkali yang bertanya, tagihan listrik setiap tanggal berapa? Masih banyak masyarakat yang awam mengenai hal tersebut.

Pertanyaan tersebut diajukan untuk mengetahui informasi kapan tagihan dari PLN keluar setiap bulannya dan kapan batas maksimal tagihan listrik dibayarkan.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero) Bob Saril mengatakan tagihan listrik biasanya akan keluar dan bisa diakses pelanggan pada setiap tanggal 2 atau 3.

"Tagihan pelanggan yang biasanya sudah bisa dilihat pada tanggal 2 atau 3 pada tiap awal bulan," terang Bob Saril seperti dikutip pada Senin (21/6/2021).

Baca juga: Cara Mudah Cek Tagihan PLN Online via Handphone

Untuk pelanggan listrik pasca-bayar, PLN sendiri melakukan perhitungan tagihan listrik dengan memperhitungkan meteran yang terpasang di rumah lewat petugas yang rutin melakukan pengecekan fisik.

Sementara selama pandemi Covid-19 dan pemberlakukan PSBB, beberapa daerah yang tidak memungkinkan pengecekan langsung, PLN melakukan perhitungan tagihan listrik dengan menghitung pemakaian rata-rata selama 3 bulan terakhir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu untuk jangka waktu pembayaran tagihan listrik, pelanggan PLN diberikan batas pelunasan tagihan listrik pasca-bayar paling lambat tanggal 20 setiap bulannya.

Jika melewati batas waktu tersebut, maka pelanggan PLN akan dikenakan denda dalam tagihan selanjutnya.

Baca juga: 3 Layanan Call Center PLN yang Bisa Dihubungi 24 Jam

Untuk mengetahui besaran tagihan listrik PLN per bulannya, simak cara pengecekannya dalam tautan berikut ini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X