8 Perusahaan Bakal IPO Bulan Depan, Satu Diantaranya E-commerce

Kompas.com - 25/06/2021, 19:41 WIB
Ilustrasi : Bursa Efek Indonesia KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi : Bursa Efek Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Penilaian Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) I Gede Nyoman Yetna menyebutkan, hingga 23 Juni 2021, telah tercatat 732 perusahaan yang mencatatkan saham di BEI. Hingga kini, terdapat 25 perusahaan dalam pipeline pencatatan saham BEI.

Dari 25 calon emiten tersebut, ia memastikan satu perusahaan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce.

"Delapan diantaranya diprediksi akan tercatat pada Juli 2021 dan hanya satu merupakan perusahaan teknologi atau e-commerce," ujarnya kepada wartawan melalui keterangan tertulis, Jumat (25/6/2021).

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Kalbe Farma Catat Jumlah Sampel Tes Naik 4 Kali Lipat

Adapun klasifikasi aset perusahaan dalam pipeline merujuk pada POJK Nomor 53/POJK.04/2017 antara lain 3 perusahaan aset skala kecil di bawah Rp 50 miliar, 10 perusahaan aset skala menengah antara Rp 50 miliar hingga Rp 250 miliar, dan 12 perusahaan aset skala besar di atas Rp 250 miliar.

Dengan rincian sektornya meliputi 1 perusahaan dari sektor basic materials, 4 perusahaan dari sektor industrial, 2 perusahaan dari sektor transportasi dan logistik, 3 perusahaan dari sektor consumer non-cyclicals, 3 perusahaan dari sektor consumer cyclicals, 1 perusahaan dari sektor properti.

Selanjutnya, 3 perusahaan dari sektor teknologi, 2 perusahaan dari sektor kesehatan, 3 perusahaan dari sektor energi, dan 3 perusahaan dari sektor keuangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, dari 8 perusahaan yang bakal akan IPO pada Juli 2021, 3 diantaranya memiliki aset skala menengah hingga Rp 250 miliar. Kemudian, 5 perusahaan masuk golongan aset skala besar di atas Rp 250 miliar.

Berdasarkan sektor, 2 perusahaan bergerak dari sektor industrial, 1 perusahaan dari sektor transportasi dan logistik, 2 perusahaan dari sektor consumer non-cyclicals, 1 perusahaan dari sektor consumer cyclicals, 1 perusahaan dari sektor teknologi, dan 1 perusahaan dari sektor energi.

Baca juga: Sudah Sampai Mana Proses Pembuatan Mata Uang Digital? Ini Kata BI



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X