Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Covid-19 Melonjak, Kalbe Farma Catat Jumlah Sampel Tes Naik 4 Kali Lipat

Kompas.com - 25/06/2021, 18:08 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) mendorong unit usahanya KalGen Innolab untuk meningkatkan layanan testing Covid-19 terutama RT PCR kepada masyarakat sebagai langkah antisipasi peningkatan kasus Covid-19.

Head External Communication PT Kalbe Farma Hari Nugroho mengatakan, angka Covid-19 belakangan ini mengalami peningkatan sangat cepat. Oleh karena itu, dukungan testing untuk mengendalikan penyebaran virus SARS-CoV2 penting dilakukan.

“Kami terus mendukung program pemerintah dalam mengatasi penyebaran Covid-19 dengan menyediakan layanan testing terutama RT PCR. Testing merupakan salah satu kunci menghambat penyebaran virus SARS-CoV2 ini,” ujar Hari dalam siaran pers, Jumat (25/6/2021).

Baca juga: Covid-19 Meningkat, Pemerintah Tambah 7.000 Tempat Tidur Isolasi

Menurut Hari, program 3T yaitu Testing, Tracing dan Treatment bukan saja program pemerintah, tetapi juga menjadi tugas kita bersama termasuk perusahaan swasta.

KalGen Innolab mencatat pada bulan Juni terjadi peningkatan jumlah sampel sebesar hampir 4 kali lipat dibanding sebelum Idul Fitri khususnya di Jakarta.

“Jumlah testing pasca Idul Fitri 2021 di KalGen Innolab meningkat hampir 4 kali lipat. Meningkatnya angka positif Covid-19 mendorong masyarakat untuk lebih peduli dan memeriksakan dirinya ke laboratorium,” kata Hari.

Hari mencatat angka positif Covid-19 dalam 10 hari terakhir meningkat 4 kali lipat dibanding sebelumnya. Menurut dia, dari sampel yang diperiksa, angka positive rate meningkat dari 18 persen menjadi 39 persen di bulan Juni ini.

Di Jakarta, sejak Januari 2021 sampai saat ini, dari sampel yang diperiksa angka positif Covid-19 mencapai 20,1 persen, dengan 7.505 kasus baru. Sementara jumlah kasus Covid-19 secara total di Jakarta sebanyak 494.462 kasus per 24 Juni 2021.

Baca juga: Kasus Covid-19 Tinggi, Penerbangan dari Indonesia Dilarang Masuk Hong Kong Mulai Hari Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com