2 Penumpang Positif Covid-19, Lion Air: Bukan Kesengajaan Maskapai

Kompas.com - 26/06/2021, 16:43 WIB
Pesawat Lion Air Boeing 737-800NG. Dokumentasi Rahmad Dwi PutraPesawat Lion Air Boeing 737-800NG.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua penumpang Lion Air terkonfirmasi positif Covid-19 saat tiba di Bandara Internasional Supadio Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar). 

Akibatnya, maskapai berlogo kepala singa tersebut dilarang membawa penumpang dari Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur (Jatim) ke Bandara Internasional Supadio Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar).

Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 para penumpang yang akan melakukan penerbangan wajib menjalani pemeriksaan uji kesehatan di instansi kesehatan.

Baca juga: Indonesia-China Segera Tinggalkan Dollar AS dalam Transaksi Dagang

“Dalam hal ini, Lion Air tidak melakukan uji kesehatan kepada setiap penumpang,” katanya kepada Kompas.com, Sabtu (26/6/2021).

Ia menjelaskan, sebelum memasuki pesawat calon penumpang harus melewati serangkaian pemeriksaan terkait validasi dokumen, dalam hal ini hasil tes Covid-19.

Serangkaian pengecekan tersebut dilakukan oleh pihak kantor kesehatan pelabuhan (KKP) dan bandara keberangkatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Apabila ada penumpang yang bermasalah atau yang melanggar dan tidak memenuhi ketentuan, maka itu bukan kesengajaan dari maskapai,” tutur Danang.

Lebih lanjut Danang memastikan, seluruh armada jet Boeing dan Airbus termasuk pesawat modern yang dioperasikan Lion Air telah memiliki sistem penyaringan udara (High Efficiency Particulate Air) atau disebut HEPA filter.

Baca juga: Daftar 10 Negara dengan Utang Luar Negeri Terbesar, Indonesia Nomor Berapa?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.