[KURASI KOMPASIANA] Ketika Overthinking Bisa Dinikmati dan Hentikan

Kompas.com - 26/06/2021, 19:19 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPASIANA---Memikirkan segala sesuatu secara berlebihan atau yang biasa dikenal dengan overthinking pasti sering dialami oleh semua orang.

Namun perlu diketahui, memikirkan segala seusatu secara berlebihan hingga memicu rasa khawatir dan cemas tentu tidak baik jika dibiarkan secara terus menerus.

Oleh karenanya, jika Anda mengalami overthinking, harus segera diatasi agar tidak membawa dampak buruk bagi kesehatan fisik dan juga mental.

Lalu bagaimana cara tepat mengatasi overthinking?

Berikut 3 konten terpopuler di Kompasiana mengenai overthinking dan cara mengatasinya.

1. Ketika Overthinking Dinikmati sebagai Sebuah Proses Hidup

Dihantui oleh overthinking atau memikirkan segala sesuatu yang berkaitan dengan segala sesuatu yang belum akan terjadi, tanpa sadar sering kali membuat cemas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Biasanya overthinking hadir dikarenakana banyaknya masalah yang membuatnya stres atau tidak terbiasa mengadapi masalah, sehingga kondisi tersebut menyebabkan seseorang jadi mudah terpengaruh terhadap penilaian atau perkataan orang lain.

Umumnya, overthinking bisa terjadi pada siapa aja. Namun, menurut sebuah penelitian, wanita lebih sering mengalami overthinking daripada laki-laki dikarenakan faktor biologis hingga sosial budaya.

Seperti yang pernah dialami oleh Kompasianer Nana Marcecilia, rentetan overthinking yang ia alami dikarenakan kejadian di masa lalu.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.