Ini Jadwal Operasional KRL Yogyakarta-Solo selama PPKM Darurat

Kompas.com - 03/07/2021, 16:28 WIB
Kereta Rel Listrik atau KRL rute Yogyakarta - Solo melintas di kawasan Lempuyangan, Yogyakarta, Kamis (4/2/2021). KRL Yogyakarta - Solo akan mulai beroperasi secara penuh pada tanggal 10 Februari 2021 dengan 20 perjalanan setiap hari menggantikan kereta lokal Prambanan Ekspres. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/rwa.
        ANTARA FOTO/Hendra NurdiyansyahKereta Rel Listrik atau KRL rute Yogyakarta - Solo melintas di kawasan Lempuyangan, Yogyakarta, Kamis (4/2/2021). KRL Yogyakarta - Solo akan mulai beroperasi secara penuh pada tanggal 10 Februari 2021 dengan 20 perjalanan setiap hari menggantikan kereta lokal Prambanan Ekspres. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/rwa.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jam operasional KRL Yogyakarta - Solo akan dibatasi menjadi pukul 05.05 - 18.30 WIB setiap hari selama pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat 3-20 Juli untuk menurunkan tingkat sebaran Covid-19.

"Selain pembatasan jam operasional, juga dilakukan pembatasan layanan yaitu jumlah pengguna yang diizinkan masuk di tiap gerbong," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dilansir dari Antara, Sabtu (3/7/2021).

Sebelumnya, jumlah penumpang yang diizinkan naik di tiap gerbong adalah 74 orang atau sekitar 40 persen dari total kapasitas, namun selama 17 hari pelaksanaan PPKM Darurat akan diturunkan menjadi 32 persen dari kapasitas atau hanya 52 penumpang.

Anne memastikan KAI Commuter akan menerapkan aturan pembatasan jumlah penumpang secara lebih ketat, dimulai saat penumpang masuk stasiun, masuk gate, hingga menunggu kereta di area peron.

Baca juga: Tes Antigen Acak untuk Calon Penumpang KRL Diperbanyak, Ini Hasilnya

Dalam PPKM Darurat, KAI Commuter akan dibantu petugas dari TNI dan kepolisian untuk penegakan aturan protokol kesehatan sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19 yang lebih luas.

Berdasarkan data, pada pertengahan Juni hingga akhir Juni, jumlah pengguna KRL Yogyakarta-Solo sudah mengalami penurunan sekitar 50 persen yaitu dari 7.371 orang pada 14 Juni menjadi 3.690 penumpang pada 30 Juni.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi masyarakat yang masih harus menjalankan berbagai aktivitas di luar rumah dan menggunakan moda transportasi kereta, maka diimbau untuk menghindari jam-jam sibuk.

Lalu menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin terutama menjaga jarak aman, serta selalu memakai masker. Dianjurkan memakai masker ganda sesuai anjuran kesehatan.

Baca juga: Syarat Lengkap Naik Kereta Api Terbaru Selama PPKM Darurat

Aturan yang selama ini sudah diberlakukan saat PPKM, yaitu larangan bagi balita menggunakan KRL, larangan berbicara langsung maupun menelepon di dalam kereta tetap akan diberlakukan.

Pengguna KRL yang berusia lanjut juga hanya diperbolehkan menggunakan moda transportasi tersebut di luar jam sibuk yaitu pukul 10.00 -14.00 WIB begitu pula dengan ibu hamil dan anak berusia di atas lima tahun.

Halaman:


Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.