KILAS

HUT Ke-56 Telkom, BUMN Ini Upayakan Kedaulatan Digital Lewat 3 Domain

Kompas.com - 06/07/2021, 11:08 WIB
Telkom merayakan Hari Ulang Tahun ke-56 yang jatuh pada 6 Juli 2021. DOK. Humas TelkomTelkom merayakan Hari Ulang Tahun ke-56 yang jatuh pada 6 Juli 2021.

KOMPAS.com – Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Ririek Adriansyah mengatakan, Telkom mengandalkan tiga domain kerja perusahaan untuk menciptakan lingkungan, masyarakat, serta ekonomi digital di Indonesia.

Ketiga domain tersebut, yakni digital connectivity, digital platform, dan digital services.

“Kontribusi Telkom di tiga domain tersebut terus dilakukan demi mempercepat terbentuknya lingkungan, masyarakat, dan ekosistem ekonomi digital di Indonesia,” ujarnya dalam memperingati Hari Ulang Tahun ke-56 Telkom, Senin (6/7/2021).

Dia menjelaskan, Telkom menghadirkan berbagai infrastruktur utama penunjang kebutuhan digital masyarakat untuk mewujudkan layanan dan produk digital connectivity.

Pada domain digital platform, Telkom membuat dan menyediakan operasional, pembangunan data center, big data, serta smart platform untuk menjadi solusi atas berbagai kebutuhan masyarakat.

Pada domain digital service, Telkom menyediakan berbagai layanan digital secara selektif. Pengembangan dan penyediaan berbagai digital services dilakukan Telkom melalui aksi akuisisi atau kemitraan.

Baca juga: Dukung Pendidikan Anak Bangsa, Telkom Hadirkan Laboratorium Fiber Optic

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami siap untuk menjalin kemitraan dengan digital champion, tech giant, maupun global players untuk memperoleh synergy value yang mampu mengakselerasi pengembangan bisnis digital platform dan digital services TelkomGroup,” ujarnya dalam keterangna tertulis yang diterima Kompas.com.

Ririek berharap, melalui tiga fokus bisnis tersebut serta investasi yang terus dilakukan, Telkom dapat menjadi tulang punggung transformasi digital bangsa serta turut serta mewujudkan kedaulatan digital Indonesia.

Kedaulatan digital Indoensia

Pada akhir Februari 2021, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat mengungkapan, kedaulatan dan kemandirian digital harus menjadi prinsip penting dalam transformasi digital Indonesia.

Tanpa memegang teguh prinsip kedaulatan, digitalisasi yang berjalan di Indonesia hanya akan menjadikan anak bangsa sebagai konsumen atas seluruh layanan dan produk-produk digital dari negara lain.

Baca juga: Telkom akan Miliki Data Center Terbesar di Indonesia

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.